detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Konsultasi Mata
dr. Siti F.S. Rahmadhani, Sp.M

dr. Siti F.S. Rahmadhani, Sp.M, adalah dokter subspesialisasi bedah refraktif dam vitreo-retina di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah, Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222. (Periode konsultasi 7 Februari 2011 hingga 13 Juli 2012)

Kenapa Mata Terus Gatal dan Terasa Mengganjal?

Kamis, 06/10/2011 12:17 WIB
(Foto: thinkstock)
Dok, 3 hari yang lalu mata saya merah dan di bagian ujung agak bengkak, lalu saya tetes memakai obat tetes mata. Mata menjadi putih kembali, namun sampai saat ini mata saya masih sangat gatal dan terasa mengganjal, itu kenapa ya dok? Terimakasih.

Rara Julia K (Perempuan Lajang, 26 Tahun), rara_XX@yahoo.com
Tinggi Badan 153 Cm dan Berat Badan 45 Kg

Jawaban

Pemberian obat tetes mata biasa dilakukan untuk iritasi mata yang ringan, di mana tanpa pemberian obat tetes mata pun sebenarnya bisa sembuh sendiri. Untuk kasus Anda ini sebaiknya coba diperiksakan ke dokter mata karena kemungkinannya bisa alergi maupun infeksi, yang pengobatannya tentu sangat berlainan.

Pada mata yang sering gatal harus ditentukan apakah terjadi alergi atau iritasi. Jangan menggunakan obat tetes mata sembarangan, tetapi segera ke dokter untuk mengetahui penyebabnya, sehingga dapat dilakukan pengobatan yang tepat.

Tapi kadang juga seringkali kita mengucek mata saat terasa gatal atau ada sesuatu yang mengganjal yang akibatnya mata menjadi merah dan perih. Mata yang merah dan perih bisa disebabkan oleh iritasi akibat gesekan saat mengucek mata.

dr. Siti F.S. Rahmadhani, Sp.M
Dokter subspesialisasi bedah refraktif dan vitreo-retina di Rumah Sakit Puri Indah Pondok Indah, Jl Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.


(ir/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit