detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Konsultasi Bedah
Dr. Pria Agustus Yadi, Sp.B-KBD

Dr. Pria Agustus Yadi, Sp.B-KBD adalah Dokter Spesialis Bedah Digestif. Praktik di RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525.

Sering Sendawa Karena Gas Berlebih di Lambung

Jumat, 07/10/2011 10:48 WIB
(Foto: thinkstock)
Dok, gas di lambung saya terlalu berlebih, sehingga sering seperti sendawa. Terlebih jika kondisi fisik kurang baik. Apa yang terjadi dengan lambung saya, dan harus melakukan pemeriksaan apa? Terimakasih.

Sri (Perempuan Menikah, 37 Tahun), shree_XXX@yahoo.com
Tinggi Badan 150 Cm dan Berat Badan 60 Kg

Jawaban

Gas yang berlebihan biasanya dipacu oleh produksi asam lambung yang berlebihan. Dan produksi asam lambung yang berlebihan disebabkan oleh banyak faktor baik fisik maupun psikologis.

Faktor fisik seperti keterlambatan makan, makanan yang merangsang seperti makanan pedas, asam, panas dan juga yang mengandung rempah-rempah yang berlebihan. Bisa juga dari peradangan permukaan mukosa lambung sampai adanya perlukaan (tukak lambung). Infeksi helikobakter juga dapat meningkatkan produksi asam lambung.

Faktor psikologik juga tidak kalah pentingnya, seperti stres pikiran akibat berbagai sebab mulai dari pekerjaan, konflik dalam rumah tangga, konflik dengan orang lain yang menyita pikiran dan waktu, terlalu lelah, kurang tidur. Umumnya pada keadaan-keadaan tersebut makan menjadi tidak bernafsu atau tidak teratur atau justru makannya jadi sembarangan yang penting asal tersisi.

Hal-hal tersebut sudah tentu akan meningkatkan prosuksi asam lambung dan diikuti dengan terbentuknya gas yang berlebihan pula. Untuk penangananannya, cobalah analisis sendiri, adakah dari faktor-faktor penyebab tersebut sesuai dengan yang Anda rasakan? Kalau ada, pergilah konsultasi ke dokter yang sesuai dengan yang menjadi masalah utamanya, semoga berhasil!

Dr. Pria Agustus Yadi, Sp.B-KBD
Dokter Spesialis Bedah Digestif. Praktik di RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525.


(ir/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit