detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Waktu Terbaik Sarapan, Sebelum atau Sesudah Olahraga Pagi?

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Jumat, 14/10/2011 07:09 WIB
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Olahraga pagi dapat membuat Anda merasa berenergi dan bersemangat untuk melakukan aktivitas. Namun untuk melengkapi hari, jangan lupa sarapan pagi. Lantas kapan waktu terbaik untuk sarapan, sebelum atau sesudah olahraga?

Kebanyakan ahli setuju bahwa makan makanan kecil sebelum olahraga pagi adalah yang terbaik. Umumnya, makanan kecil atau camilan dimakan 1-2 jam sebelum berolahraga.

Banyak orang yang percaya bahwa dapat membakar lebih banyak kalori atau lemak jika menunggu sarapan setelah selesai olahraga dan kegiatan pagi lainnya. Ada juga yang beralasan bahwa makan sebelum olahraga dapat membuat perut terasa tidak enak, apalagi bila bangun tidur tidak cukup pagi.

Namun menurut American College of Sports Medicine, penelitian menunjukkan bahwa olahraga dalam keadaan perut kosong dapat menurunkan kinerja, seperti dilansir Livestrong, Jumat (14/10/2011).

Tanpa bahan bakar tubuh, orang mungkin tidak dapat berolahraga dengan baik. Berolahraga sebelum makan juga menyebabkan kadar gula menurun yang berakibat lemas dan pusing. Orang juga cenderung akan makan berlebihan jika sarapan setelah berolahraga.

Apa manfaat sarapan sebelum olahraga pagi?

Tubuh memecah makanan yang Anda telah dalam bentuk glukosa dalam darah atau energi tersimpan yang disebut glikogen, yang disimpan di dalam hati dan otot. Memiliki jumlah glukosa yang cukup akan membuat tubuh memproduksi energi optimal saat melakukan olahraga.

Hal ini juga dapat mencegah Anda mengalami tingkat glukosa yang rendah, yang disebut hipoglikemia, yang dapat menyebabkan pusing dan pingsan. Minum cairan atau makan makanan yang mengandung air sebelum Anda berolahraga juga bermanfaat untuk menghindari dehidrasi, yang juga merusak kinerja.




(mer/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit