detikhealth

Makan Makanan Padat Lebih Dini Tidak Pengaruhi Pertumbuhan Bayi

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Jumat, 14/10/2011 09:45 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Anak-anak yang dibesarkan dengan minum susu formula dan diberi makanan padat sebelum berusia empat bulan cenderung lebih gemuk selama tahun pertama daripada bayi yang meminum susu formula pada usia yang lebih tua. Meskipun demikian, hal itu tampaknya tidak banyak berpengaruh terhadap pertumbuhannya untuk jangka panjang.

"Ini bukan tentang seberapa cepat anak-anak tumbuh, tapi apakah anak-anak cenderung kelebihan berat badan. Mereka tidak mungkin kelebihan berat badan dalam dua tahun jika mereka mendapat makanan padat lebih awal," kata Dr Berthold Koletzko, penulis penelitian dari Rumah Sakit Dr. von Hauner Anak di Munich, Jerman.

Penelitian yang dilansir Reuters, Jumat (14/10/2011) ini melacak sekitar 700 bayi di Eropa selama dua tahun. Bayi berusia antara enam dan tujuh pon yang diberi susu formula mendapat makanan padat 3 bulan kemudian, 3-4 bulan kemudian, 4-5 bulan kemudian, 6 bulan kemudian atau lebih.

Bayi yang sudah mulai makan makanan padat pada usia tiga bulan berat badannya lebih rendah tapi tumbuh dalam waktu enam bulan dibandingkan dengan mereka yang mulai makanan padat pada usia enam bulan dan tumbuh perlahan dalam waktu tiga bulan.

Setelah dua tahun, tidak ada perbedaan pada semua kelompok dalam hal berat atau tinggi bayi. Bayi yang memakan makanan padat juga mengonsumsi lebih banyak kalori selama delapan bulan pertama.

Diantara anak-anak yang lahir dengan bobot yang lebih rendah, para peneliti menemukan adanya hubungan antara bobot lahir yang rendah dengan pemberian makanan padat yang lebih awal.

"Studi ini menunjukkan mengejar pertumbuhan saja tidak selalu baik," kata Dr. Lindsey Sjaarda, peneliti di Rumah Sakit Anak Pittsburgh yang tidak ikut ambil bagian dalam penelitian kepada Reuters Health.Next

Halaman 1 2
(ir/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit