detikhealth

Laki-laki Dilarang Pipis Berdiri di Toilet Campur

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Jumat, 14/10/2011 19:01 WIB
dok: Vancouversun
Vancouver, Sudah menjadi kodratnya jika laki-laki kencing berdiri, sementara perempuan harus melakukannya sambil jongkok. Namun di sebuah restoran, laki-laki tidak boleh kencing berdiri untuk menghormati perempuan karena toiletnya tidak dipisah.

Aturan unik itu bisa ditemukan di Edible Canada, sebuah restoran nyentrik di kota Vancouver. Di dinding satu-satunya toilet yang ada, terpajang gambar lelaki sedang pipis dalam posisi berdiri yang dibingkai lingkaran merah dan dicoret sebagai tanda bahwa perbuatan itu dilarang.

Karena merupakan toilet campur yang dipakai bersama-sama oleh laki-laki dan perempuan, aturan itu punya dasar yang cukup masuk akal. Laki-laki ketika pipis sambil berdiri seringkali menyisakan bekas air kencing di dudukan kloset, yang bagi perempuan sangat menjijikkan.

Tidak hanya menyisakan bau tidak sedap, sisa-sisa air kencing yang berubah jadi bercak kekuningan ketika mulai mengering itu diyakini bisa menularkan penyakit. Mulai dari infeksi menular yang ringan, hingga virus penyebab kanker serviks yakni Human Papiloma Virus (HPV).

Di tempat-tempat yang sangat mengutamakan kebersihan, setiap kloset biasanya dilengkapi cairan pembersih khusus dudukan toilet. Namun tentunya butuh investasi mahal untuk menyediakannya di restoran kecil, sehingga akan lebih mudah jika para lelaki dilarang pipis berdiri agar tidak bikin kotor.

Namun apakah mungkin seorang lelaki benar-benar dilarang pipis sambil berdiri? Selain tidak mungkin memasang kamera tersembunyi untuk mengawasinya, rasanya tidak ada laki-laki yang mau memelorotkan celananya lalu jongkok di kloset hanya untuk biang air kecil.

Eric Patemen, pemilik restoran Edible Canada mengaku hanya main-main dengan larangan tersebut. Meski terlanjur heboh di internet dan banyak pengunjung yang percaya, dirinya menegaskan tidak akan pernah menghukum laki-laki manapun yang pipis sambil berdiri di toiletnya.

"Ini hanya lelucon. Suatu saat kami menemukan stiker seperti ini dan kami pikir lucu jika dipasang di restoran kami. Ternyata banyak yang suka, buktinya sudah 3 kali stiker kami ini dicuri pengunjung," ungkap Patemen seperti dikutip dari Vancouversun, Jumat (14/10/2011).

Seperti diberitakan detikHealth sebelumnya, beberapa jenis kuman memang bisa menular lewat dudukan kloset yang tidak bersih. Namun kuman-kuman penyebab infeksi menular seksual seperti kencing nanah (gonorrhea), Human Imunodefficiency Virus (HIV) dan sifilis atau raja singa hanya bisa ditularkan melalui kontak seksual.


(up/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit