detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Konsultasi Seksologi
Dr. Andri Wanananda MS

Dr. Andri Wanananda MS
Anggota Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dan Asosiasi Seksologi Indonesia (ASI) serta pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara Jakarta.

Sperma Terlalu Encer Apakah Karena Kebanyakan Onani?

Senin, 17/10/2011 17:18 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Dok, saya sudah 1 tahun menikah namun belum dikaruniai anak. Ketika cek, sperma saya ternyata encer. Apakah ada obat atau cara supaya sperma tidak encer? Apakah itu semacam penyakit? Karena dulu saya sering kali onani, saya takut karena hal itu sperma jadi encer dan tidak bisa disembuhkan. Terimakasih.

Heru P (Pria Menikah, 28 Tahun), sukmoXXXXX@gmail.com
Tinggi Badan 178 Cm dan Berat Badan 90 Kg

Jawaban

Tidak ada kaitan antara onani dan sperma encer. Secara kasat mata sperma encer tidak bisa jadi petunjuk jumlah spermatozoa (sel jantan), yang diperlukan untuk membuahi sel betina (ovum) agar terjadi kehamilan.

Dianjurkan Anda memeriksakan cairan sperma di laboratorium klinik untuk analisa sperma yakni: warna sperma, jumlah, motilitas (pergerakan) dan bentuknya.
Karena mani encer tidak dapat ditentukan secara kasat-mata.

Harus dipastikan dengan analisa laboratorium untuk menentukan densitasnya (lebih dari 20.000/ml), motilitasnya (lebih dari 50 persen sel jantan masih gerak dalam 4 jam), sel jantan abnormal harus kurang dari 40 persen dan voluma cairan sperma lebih dari 2 ml tiap ejakulasi. Faktor-faktor tersebut adalah tolok ukur untuk menentukan kesuburan pria.

Yang mempengaruhi densitas sperma antara lain: kadar hormon pria (Testosteron), asupan makanan & minuman yang bergizi seimbang, kebugaran fisik dan adakah penyakit kronis seperti 'kencing manis'. Untuk menentukan obatnya, sebaiknya Anda lakukan analisa sperma terlebih dulu atas petunjuk Dokter Keluarga Anda.Next

Halaman 1 2
(ir/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit