detikhealth

Olahraga yang Tepat Setelah Melahirkan

Vera Farah Bararah - detikHealth
Kamis, 20/10/2011 08:37 WIB
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Sebagian besar perempuan pasti ingin memiliki bentuk tubuh kembali normal seperti sebelum hamil dan setelah ia melahirkan. Tapi olahraga apa saja yang boleh dilakukan setelah hamil?

Studi menunjukkan kebanyakan perempuan akan mengalami peningkatan berat badan sebanyak 13 kg selama kehamilan, meski ada pula perempuan yang berat badannya naik kurang atau justru melebihi angka tersebut.

Namun rata-rata sebanyak 8-9 kg berat badan akan hilang dalam waktu 1 bulan setelah memiliki bayi yang biasanya disebabkan oleh kesibukkan mengurus sendiri buah hatinya. Tapi ada pula yang melakukan olahraga secara konsisten agar bisa kembali ke bentuk semula.

Olahraga setelah melahirkan bisa mempercepat proses pemulihan, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kekuatan otot, membantu ibu bersantai dan melepaskan stres serta memberi energi lebih.

Idealnya waktu yang tepat untuk memulai olahraga adalah 6 minggu setelah melakukan pemeriksaan awal pasca melahirkan. Tapi hal ini tergantung dari kondisi si ibu, lebih baik olahraga dimulai jika tubuh secara fisik mampu melakukannya. Selain itu olahraga sebaiknya dilakukan setelah menyusui bayi.

Kuncinya adalah mulai pada saat yang tepat dan meningkatkan aktivitas secara perlahan serta sebaiknya jangan tidak sabaran. Berikut adalah olahraga yang bisa dilakukan setelah hamil, seperti dikutip dari Lifemojo, Kamis (20/10/2011) yaitu:

1. Jalan santai dan jogging
Jalan santai atau jogging bisa dilakukan ibu kapan pun tanpa memberikan beban yang berat bagi tubuh, serta kegiatan ini bisa dilakukan sambil membawa bayi menggunakan kereta dorong.

2. Yoga
Posisi-posisi yoga merupakan cara yang bagus untuk membantu peredarah darah sekaligus mengurangi stres, meski ada beberapa posisi yang sebaiknya dihindari. Kegiatan ini bisa dilakukan di tempat kebugaran khusus bagi ibu-ibu yang baru melahirkan (gym postpartum) atau di klub kesehatan.

3. Olahraga di rumah
Ada banyak olahraga yang bisa dilakukan di rumah sambil menjaga bayi seperti treadmill atau sepeda statis atau menggunakan DVD olahraga aerobik low impact yang dilakukan ketika bayi sedang tidur.

(ver/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit