detikhealth

Pria dan Wanita Memiliki Gejala Maag yang Berbeda

Adelia Ratnadita - detikHealth
Kamis, 20/10/2011 09:50 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Pria dan wanita kadang memiliki perbedaan dalam menanggapi gejala suatu penyakit. Pada penyakit maag misalnya wanita mengalami sakit lebih parah daripada pria. Lebih kesulitan menelan makanan padat dan lebih sering mengonsumsi obat untuk mengobati maag dibandingkan dengan pria.

Sebuah studi baru menunjukkan bahwa pria dan wanita mengalami gejala sakit maag dan refluks asam yang berbeda. Studi tersebut telah diterbitkan dalam Archives of Surgery. Peneliti melakukan survei hampir pada 3.000 orang dewasa di Australia yang tinggal dalam komunitas dan lebih dari 2.000 pria dan wanita yang menjalani operasi untuk gastroesophageal reflux disease (GERD).

Para wanita yang menjalani operasi mengeluh mengalami sakit maag yang lebih sering dan lebih parah daripada pria. Para wanita juga lebih kesulitan menelan makanan padat. Para wanita tersebut juga lebih sering mengonsumsi obat untuk mengobati maag dibandingkan dengan pria.

Sedangkan pada pria, ketika dokter melihat karakteristik pasien menemukan bahwa pria benar-benar memiliki lebih banyak manifestasi fisik dari penyakit maag dan GERD.

Pada pasien bedah pria dengan usia 7 tahun lebih muda dibandingkan dengan pasien bedah perempuan, lebih mungkin memiliki katup yang menghubungkan antara perut dan kerongkongan yang lebih lemah.

Para ahli mengatakan bahwa, lemahnya katup tersebut dapat merupakan bawaan dari lahir, tetapi kelainan tersebut juga dapat berkembang dari waktu ke waktu karena paparan asam kronis.

Pria juga lebih mungkin mengalami esofagitis atau Barrett's esophagus. Keduanya merupakan perubahan pada kerongkongan yang menghubungkan tenggorokan ke perut, yang disebabkan oleh paparan asam kronis. Hal tersebut dapat mengakibatkan peradangan dan bisul. Dalam beberapa kasus, Barrett's esophagus mungkin akan berkembang menjadi kanker kerongkongan. Next

Halaman 1 2
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit