detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
dr. M. Helmi, Sp.An., MSc

dr. M. Helmi, Sp.An., MSc.
Dokter spesialis anestesi yang tengah riset untuk PhD Research Fellow di Belanda. Intensive Care Adults Erasmus MC, Kamer H602 's Gravendijkwal 230, 3015CE
Rotterdam, The Netherlands. (Periode konsultasi 5 Maret 2011 hingga 29 Februari 2012)

Kenapa Sering Sendawa Keras Saat Dipijat

Jumat, 11/11/2011 12:54 WIB
(Foto: thinkstock)
Dok, istri saya 160/54 usia 34 tahun, sering pegal-pegal di sekitar tulang punggung dan pinggang, kalau dipijat akan mengeluarkan sendawa yang keras dan banyak, apa penyebabnya ya dokter? Terimakasih.

Keken (Pria Menikah, 38 Tahun), iw_buXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 173 Cm dan Berat Badan 79 Kg

Jawaban

Salah satu tujuan pijat adalah untuk memperlancar sirkulasi peredaran darah dalam tubuh. Sendawa dapat sebagai tanda terjadinya peningkatan peredaran darah tubuh, termasuk pada sistem pencernaan, termasuk pada organ pencernaan yang tengah 'istirahat' yang menyimpan udara.

Dengan peningkatan peredaran darah, dapat membantu mengaktifkan kembali organ tersebut sehingga dapat membuang udara yang tidak diperlukan di dalam organ tersebut.

dr. M. Helmi, Sp.An., MSc.
Dokter spesialis anestesi yang tengah riset untuk PhD Research Fellow di Belanda. Intensive Care Adults Erasmus MC, Kamer H602 's Gravendijkwal 230, 3015CE, Rotterdam, The Netherlands.


(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit