detikhealth

Apakah Tanda-tanda Kanker Rahim?

Selasa, 15/11/2011 09:21 WIB
Apakah Tanda-tanda Kanker Rahim?(Foto: thinkstock)
Dokter, saat ini saya sedang bingung, kenapa haid saya tidak datang. Namun saat tanggal haid tiba, saya hanya mengeluarkan cairan kental berwarna sedikit butek dan hanya sedikit tapi itu bukan darah.

Cek urine saya negatif namun beberapa hari ini saya sering merasa ada cairan yang keluar dari vagina tapi ketika dicek tidak ada cairan apapun. Dan akhirnya selalu merasa ingin buang air kecil. Apakah ini merupakan tanda-tanda kanker rahim atau ada tanda-tanda dari suatu penyakit? Mohon pencerahannya dok. Terimakasih.

Almira (Perempuan Lajang, 25 Tahun), miranrtiXXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 157 Cm dan Berat Badan 70 Kg

Jawaban

Siklus haid yang tidak teratur menunjukkan bahwa tidak terjadi ovulasi yaitu keluarnya sel telur dari indung telur. Ovulasi bisa terganggu bila mengalami stres yang berat atau bila seorang wanita terlalu gemuk atau kurus.

Tentunya siklus haid yang tidak normal akan menjadi suatu kekhawatiran tersendiri, namun kami pun tidak dapat memberikan informasi yang jelas sebab kami belum mengerti persis mengenai cairan kental yang saudara maksud.

Mengenai kondisi keseluruhan, kami menyarankan Saudara untuk melakukan pemeriksaan serta konsultasi di spesialis kulit dan kelamin terdekat untuk mengetahui apakah itu sebuah gejala radang atau infeksi saluran kemih.

Bisa juga dilakukan USG untuk mengetahui apakah ada benjolan yang menjadi penyebab gangguan siklus haid tersebut. Jadi memang tidak bisa serta merta haid tidak lancar adalah pertanda kanker rahim, harus dilakukan pemeriksaan yang lengkap dulu.

Beberapa tanda kanker rahim adalah pendarahan vagina abnormal, saat menstruasi lebih lama dan mengeluarkan banyak darah, keputihan yang menetap. Pada stadium yang lebih lanjut bahkan ditemukan beberapa gejala, antara lain; nafsu makan berkurang drastis, dari vagina keluar air kemih atau bahkan tinja, nyeri panggul dan patah tulang.

Prof. Dr. Li Yuan Zhong
Adalah dokter di Rumah Sakit Modern Hospital Cancer, Guangzhou yang merupakan rumah sakit swasta yang telah diakui Departement Kesehatan Pemerintah China, dibawah naungan yayasan group 'Bo Ai'.

Pusat konsultasi cabang di Jakarta ada di Gedung Menara Citicon Lantai 11 Blok C2, Jl. Jend S Parman kavling 72 slipi, Jakarta Barat. Nomer telepon: (021) 999 333 80, (021) 920 88881, (021) 2930 8708, (021), 2930 8709 0818197758 atau cabang Surabaya di Jl HR Muhammad 75A Surabaya, dan no telp 031-7315222.


(ir/ir)


Punya pengalaman menarik seputar diet ? Kirimkan disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit