detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
dr. M. Helmi, Sp.An., MSc

dr. M. Helmi, Sp.An., MSc.
Dokter spesialis anestesi yang tengah riset untuk PhD Research Fellow di Belanda. Intensive Care Adults Erasmus MC, Kamer H602 's Gravendijkwal 230, 3015CE
Rotterdam, The Netherlands. (Periode konsultasi 5 Maret 2011 hingga 29 Februari 2012)

Kenapa Tangan dan Kaki Sering Kesemutan?

Selasa, 15/11/2011 13:31 WIB
(Foto: thinkstock)
Dok, sendi pada jari-jari tangan dan kaki saya sering terasa sakit dan kesemutan, kenapa ya dok? Dan apa yang harus saya lakukan untuk pengobatannya? Terimakasih.

Herman (Pria Lajang, 25 Tahun), h3rm4n.XXXX@gmail.com
Tinggi Badan 172 Cm dan Berat Badan 60 Kg

Jawaban

Nyeri pada sendi jari tangan dan kaki sangat sering ditemui karena termasuk sendi yang paling aktif. Kejadian kesemutan dan nyeri yang terjadi bersamaan merupakan gangguan saraf yang dapat disebabkan oleh banyak faktor.

Apabila tidak ada riwayat trauma, dapat disebabkan oleh peradangan (arthritis) atau gangguan metabolisme (asam urat, diabetes, kolesterol, dsb). Pijatan, kompres hangat, melonggarkan sepatu atau celana dapat membantu peredaran darah untuk membantu keluhan ringan pada saraf. Apabila keluhan sangat mengganggu disarankan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

dr. M. Helmi, Sp.An., MSc.
Dokter spesialis anestesi yang tengah riset untuk PhD Research Fellow di Belanda. Intensive Care Adults Erasmus MC, Kamer H602 's Gravendijkwal 230, 3015CE, Rotterdam, The Netherlands.


(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit