detikhealth

Perawat Laki-laki Lebih Maskulin Dibanding Profesi Lain

Vera Farah Bararah - detikHealth
Rabu, 16/11/2011 11:02 WIB
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Selama ini profesi perawat identik dengan kaum perempuan sehingga sedikit sekali menemukan perawat laki-laki. Tapi studi baru menunjukkan perawat laki-laki akan lebih maskulin dibanding pekerjaan lainnya.

Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa keperawatan laki-laki memiliki nilai yang lebih tinggi dalam melakukan tes maskulinitas dibandingkan dengan laki-laki yang mempelajari pelajaran lain.

"Profesi keperawatan menarik laki-laki untuk memegang gelar tertinggi dalam maskulinitas, untuk itu harus ada upaya dalam melawan kepercayaan dimasyarakat bahwa perawat laki-laki adalah banci," tulis peneliti dalam American Journal of Men's Health, seperti dikutip dari LiveScience, Rabu (16/11/2011).

Anggapan perawat membuat laki-laki menjadi feminin telah muncul sejak lama dan kembali ditekankan oleh budaya yang populer. Stereotipe ini membuat laki-laki tidak mau masuk menjadi perawat serta menimbulkan kecemasan dan ketegangan pada orang yang sudah memilih profesi tersebut.

Peneliti dari East Tennessee State University menuturkan hal ini sangat disayangkan, karena bukti menunjukkan efektivitas perawatan kesehatan yang optimal membutuhkan kedua jenis kelamin dalam jumlah yang sama.

Dalam studi ini peneliti melibatkan 81 perempuan dan 21 laki-laki yang diberikan daftar 30 karakteristik (10 stereotip laki-laki, 10 stereotip perempuan dan 10 stereotip tanpa gender) seperti kasih sayang, bersedia mengambil sikap dan lembut serta diminta memberikan skala dari 1-7.

Jawaban yang diberikan akan digunakan untuk menghitung skor maskulinitas dan feminin dari setiap subyek. Diketahui rata-rata skor maskulinitas untuk mahasiswa keperawatan laki-laki adalah 5,3 (dari skor 7) dibanding laki-laki dari jurusan lain yang hanya 4,9.

Namun laki-laki ini juga memiliki nilai rata-rata yang lebih tinggi untuk sifat-sifat feminin yaitu 5,5 sedangkan jurusan lain rata-ratanya 5,2. Hal ini berarti laki-laki tersebut memiliki kategori yang baik dalam maskulin dan feminin.

Hasil temuan ini menunjukkan bahwa perawat laki-laki bersifat fleksibel dalam mengekspresikan baik karakteristik yang menunjukkan stereotip laki-laki dan perempuan, serta laki-laki yang menjadi perawat juga tetap maskulin.

(ver/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit