detikhealth

Jari Terpotong Berhasil Ditumbuhkan Lagi di Atas Perut

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Rabu, 16/11/2011 13:45 WIB
Jari Wang di perut (Dok. Chinanews)
Liaoning, China, Seorang pria pekerja mebel mengalami kecelakaan kerja yang membuat jari tengah di tangan kirinya terputus terkena gergaji listrik. Jari yang terpotong cukup panjang, tapi dokter tidak melakukan operasi pemotongan sisa jari. Sisa jari yang terpotong ditempelkan di daging perut agar bisa tumbuh kembali.

Teknik ini adalah cara untuk memulihkan sirkulasi darah ke jari yang terluka sehingga tubuh dapat memperbaiki bagian yang luka tersebut. Caranya, dokter mengoperasi dan melekatkan jari Wang Yongjun ke perutnya dengan harapan kulit dan otot baru akan tumbuh di sekitarnya.

Operasi penumbuhan jari ini dilakukan dokter Rumah Sakit Pusat di daerah Liaoyang, Provinsi Liaoning, China. Dokter tengah berusaha menumbuhkan jari terpotong milik pria 20 tahun tersebut.

Ahli bedah mikro Dr Huang Xuesong mengatakan cedera tersebut mengenai tulang jari dan tidak ada tambahan daging yang cukup untuk membungkusnya. Karena itu dokter memotong daging di bagian lainnya agar bisa menyambungkan jari tersebut.

Jari tengah Wang kemudian dijahit di bagian tengah perutnya. Tujuannya adalah untuk 'memberi makan' jari yang terpotong tersebut.

"Kami harus membuat keputusan cepat atau ia bisa kehilangan jarinya. Kami memutuskan untuk menumbuhkan jari baru di perutnya," kata Dr Huang seperti dilansir orange.co.uk, Rabu (16/11/201).

Hasilnya sudah terlihat, jari terputus Wang mulai tumbuh dan tetap hidup dengan bantuan asupan nutrisi dari bagian perutnya. Diperkirakan sebulan lagi, jari yang telah menyatu dengan perut itu akan dipotong, lalu disambungkan dengan jari tengah Wang sehingga jari-jarinya akan kembali lengkap.


(ir/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit