detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Kamis, 18/12/2014 12:16
100 Konsultasi Terpopuler
Kamis, 18/12/2014 11:32
Berita Pilihan 2014

2 Kali Operasi Tumor Payudara, Bisakah Kambuh Lagi?

Jumat, 18/11/2011 09:18 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Dok, saya sudah operasi tumor 2 kali di payudara dan akhir tahun 2010 menjalani operasi kista cokelat di saluran indung telur dan injeksi tapros 2 kali. Setelah itu masuk bulan ke-3 saya tidak datang bulan, baru pada bulan ke-4 datang bulan. Yang ingin saya tanyakan:


  1. Mengapa bulan ke-3 tidak datang haid dan bulan ke-4 datang haid, tapi dengan rasa sakit dan panas di perut, apakah itu normal?
  2. Mengapa perut bagian atas luka operasi kista di bagian saluran dan indung telur kanan dan kiri jika disentuh dengan tekanan kecil terasa kenyal-kenyal, sakit dan terasa kaku?
  3. Apakah baik jika saya mengonsumsi daun sirsak dengan propolis dengan membatasi jam selang tiap 2,5 jam?
  4. Apakah solusi yang terbaik untuk kista di bagian saluran dan indung telur tidak kambuh lagi? Karena saya belum hamil dan belum pernah melahirkan.
  5. Adakah pantangan makanan yang harus dihindari? Karena kadar estrogen saya sangat tinggi 8-9, sedangkan progesteron saya rendah 1-2, apakah itu termasuk subur, Dok? Terimakasih.

Lie (Perempuan Menikah, 26 Tahun), nellXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 159 Cm dan Berat Badan 42 Kg

Jawaban

1. Disarankan terlebih dahulu melakukan pemeriksaan di bagian rahim untuk memastikan ada tidaknya tumor di bagian rahim atau hanya peradangan. Jika hasil pemeriksaan normal berarti hanya sakit menstruasi biasa.

2. Kemungkinan waktu operasi terganggu ke bagian saraf, tapi ini dapat berangsur membaik secara perlahan.

3. Dalam mengonsumsi obat-obatan disarankan disesuaikan dengan keluhan yang ada, agar mendapatkan hasil yang lebih efektif.

4-5. Tumor jinak maupun ganas tetap ada kemungkinan untuk kambuh kembali. Saat ini belum ada pencegahan yang dapat menjamin 100 persen tetapi Anda bisa menjaga dari faktor lingkungan yang sehat, pola makan yang sehat (hindari makanan yang diawetkan, diasinkan dan berminyak).Next

Halaman 1 2
(ir/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit