detikhealth

Karbohidrat Bikin Ngantuk, Protein Bikin Terjaga

Adelia Ratnadita - detikHealth
Senin, 21/11/2011 12:18 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Jika karbohidrat sederhana bisa meningkatkan energi, tapi bisa menurunkannya dengan cepat yang mengakibatkan tubuh lemas dan sering menguap, peneliti kini menemukan manfaat protein yang tak bikin ngantuk. Protein dapat merangsang sel-sel otak tertentu yang bisa membuat orang terjaga.

Protein juga merangsang sel-sel otak tertentu untuk dapat membakar kalori, sehingga dapat menjaga seseorang tetap langsing. Hasil penelitian tersebut telah dipublikasikan dalam Neuron edisi 17 November 2011.

"Hasil penelitian tersebut akan dapat meningkatkan pemahaman mengenai obesitas dan gangguan tidur," kata Dr Denis Burdakov dan rekannya, dari University of Cambridge, Inggris.

Sel orexin di otak mengirim sinyal listrik yang merangsang tubuh agar tetap terjaga dan memerintahkan tubuh untuk menggunakan energi dan membakar kalori.

"Pola tidur, kesehatan, berat badan, serta pola makan yang buruk dapat mengakibatkan obesitas. Impuls listrik yang dipancarkan oleh sel-sel orexin dapat merangsang agar tetap terjaga dan memberitahu tubuh untuk membakar kalori," kata Dr Burdakov seperti dilansir dari MedicalNewsToday, Senin (21/11/2011).

Sel orexin di hipotalamus otak mengeluarkan stimulan yang disebut orexin atau hypocretin. Stimulan tersebut akan mengatur keseimbangan energi dan menjaga seseorang tetap terjaga. Kehilangan sel unik tersebut dapat menyebabkan narkolepsi (penyakit gampang tertidur) dan peningkatan berat badan.

Narkolepsi merupakan gangguan tidur kronis yang ditandai dengan rasa kantuk luar biasa di siang hari dan serangan tidur tiba-tiba. Orang dengan narkolepsi sering menemukan kesulitan untuk tetap terjaga dalam jangka waktu yang lama.Next

Halaman 1 2
(ir/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit