detikhealth

Penyakit-penyakit yang Bikin Cepat Lelah

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Senin, 21/11/2011 16:58 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Seharian beraktivitas memang bisa membuat orang lelah, tapi jika lelah menyerang sepanjang waktu maka ada beberapa jenis penyakit yang perlu diwaspadai. Setidaknya ada 10 penyakit yang membuat orang cepat lelah.

20 hingga 30 persen penyebab lelah adalah penyakit tertentu. Jika Anda merasa sangat lelah dan lemah untuk berjalan-jalan, bekerja, mandi atau hanya untuk berpakaian, maka itu bisa jadi karena masalah serisu.

Berikut 10 penyakit yang sering membuat orang cepat lelah, seperti dilansir Health24, Senin (21/11/2011):

1. Depresi dan melankolis
1 dari 10 orang telah menderita depresi tahap tertentu dan depresi merupakan penyebab umum kelelahan. Ketidakseimbangan dalam neurotransmiter seperti serotonin dapat menyebabkan kelelahan, apatis, perasaan tidak enak di kepala dan sakit kepala.

2. Anemia
Jika tingkat zat besi atau sel darah merah tidak cukup untuk membawa oksigen, maka otak dan otot tidak akan mendapatkan oksigen dengan cukup. Hal inilah yang menyebabkan orang anemia (kurang zat besi atau kurang darah) sering merasa lelah, terutama jika berjalan atau melakukan kegiatan apapun yang melibatkan aktivitas fisik.

3. Rheumatoid arthritis dan penyakit jaringan ikat lain (autoimun)
Dalam penyakit ini, tubuh membentuk antibodi terhadap jaringan sehat dan menyebabkan kerusakan. Serangan pada sistem kekebalan tubuh akhirnya menguras energi dan membuat penderitanya cepat lelah. Penyakit autoimun misalnya lupus erythematosus dan keratodermia (pengerasan dari kulit).

4. Masalah tiroid
Pelepasan hormon tiroid menentukan kecepatan metabolisme. Jika tingkat hormon tiroid terlalu rendah maka metabolisme akan lambat, membuat penderitanya merasa lelah, kulit dan rambut akan menjadi kering dan kusam, mungkin berat badan naik karena tubuh lambat membakar kalori, kaki membengkak dan detak jantung akan lebih lambat.Next

Halaman 1 2
(mer/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit