detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI

Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI, adalah Dokter Spesialis Bedah Mulut di RS Puri Indah Pondok Indah Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.

Kenapa Saya Jadi Sering Sariawan?

Selasa, 22/11/2011 09:27 WIB
Ilustrasi (foto: Thinkstock)
Dok, sebenarnya apa penyebab sariawan, kurang lebih setahun ini saya sering sekali sariawan. Awalnya hanya sebulan sekali, 2 minggu sekali, seminggu sekali, sekarang sebulan full. Apa yang harus saya lakukan ya dok, berobat sudah, tapi tak kunjung sembuh juga. Terimasih atas keluangan waktu dokter untuk menjawab.

Trias J (Perempuan Lajang, 19 Tahun), triasjayaXXXXX@ymail.com
Tinggi Badan 165 Cm dan Berat Badan 45 Kg

Jawaban

Penyebab sariawan sampai saat ini belum diketahui, sehingga memang pengobatannya hanya bersifat simptomatis. Sariawan memang penyakit yang selalu berulang dan tidak bisa sembuh total.

Rata-rata sariawan akan sembuh dalam 2 minggu. Bila memerlukan waktu penyembuhan yang agak lama maka perlu ditelusuri bahan-bahan yang berkontak dengan rongga mulut seperti pasta gigi, makanan, rokok, dan lain-lain. Lalu hindari bahan-bahan yang menjadi pemicu dari sariawan tersebut.

Bisa dicoba dengan mengganti odol yang dipakai saat ini atau mengurangi makanan pedas. Bila belum berhasil bisa berkonsultasi langsung dengan ahli penyakit mulut.

Namun jika upaya tersebut sudah dilakukan tapi tidak membuahkan hsil, patut dicurigai adanya gejala penyakit lain. Beberapa penyakit autoimun kadang membuat penderitanya jadi sering mengalami sariawan yang sering.

Drg. Djoko Micni, SpBM, FICOI
Dokter Spesialis Bedah Mulut di RS Pondok Indah Puri Indah Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.


(ir/up)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit