detikhealth

Agar Miss V Tak Lecet Saat Bercinta

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Senin, 28/11/2011 19:02 WIB
Halaman 1 dari 3
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Luka dan lecet pada Miss V sering menjadi masalah umum pada wanita yang aktif secara seksual. Meski bukan luka serius, tapi lecet pada Miss V dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan menjengkelkan. Kabar baiknya, lecet pada vagina masih bisa dicegah.

"Banyak wanita yang mendapatkan luka atau lecet setelah berhubungan seksual dan sebagian besar luka dan lecet adalah normal. Lecet vagina akan lebih terasa saat berhubungan seks, karena air mani dapat menyengat ketika kontak dengan luka yang terbuka," ujar Dr Edwin Huang, MD, seorang ginekolog di Massachusetts General Hospital di Boston, seperti dilansir everydayhealth, Senin (28/11/2011).

Meski lecet pada vagina tidak menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang, tetapi hal negatif ini dapat mempengaruhi pengalaman seks dan membuat Anda tidak nyaman. Cara terbaik adalah mencegah agar lecet atau luka tidak terjadi setelah Anda berhubungan seksual.

Apa yang menyebabkan luka vagina?

Ketika terangsang, vagina wanita secara alami akan menghasilkan cairan yang melumasi daerah ini selama aktivitas seksual, sehingga dapat mengurangi gesekan yang dapat mengganggu atau merobek kulit vagina. Jika vagina tidak cukup terlumasi, kekeringan vagina dapat mengakibatkan luka dan lecet pada vagina.

Dr Huang mengatakan kekeringan vagina merupakan penyebab umum dari luka vagina. Faktor lain yang berperan dalam kekeringan vagina meliputi:

1. Menopause
Karena hormon seks estrogen mulai menurun sehingga cairan vagina pun berkurang.Next

Halaman 1 2 3
(mer/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit