detikhealth

Obat Alami untuk Atasi Gangguan pada Ibu Hamil

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Jumat, 02/12/2011 16:03 WIB
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Kehamilan bisa menjadi saat yang indah dalam kehidupan seorang perempuan, tetapi hal itu ternyata tak selalu mudah. Lebih dari setengah dari semua ibu hamil pasti mengalami Morning sickness atau penyakit kehamilan, yaitu rasa mual atau ingin muntah.

Gejala ini terkait dengan meningkatnya kadar estrogen. Rasa mual terkadang muncul pada dini hari dan berkurang ketika semakin siang. Mual yang dirasakan mulai dari tingkat ringan hingga menyebabkan muntah, namun tidak cukup parah untuk menyebabkan kekacauan metabolisme.

Mual dan muntah dapat menjadi salah satu tanda pertama kehamilan, biasanya dimulai sekitar minggu ke-6 kehamilan dan berhenti setelah sekitar 12 minggu kehamilan.

Kapsul jahe dan vitamin B6 untuk mengatasi morning sickness
Obat-obat tertentu dan obat tanpa resep dokter tidak dianjurkan untuk ibu hamil. Morning sickness biasanya merupakan tanda kehamilan yang baik, tapi rasa mual yang muncul di pagi, siang, dan malam hari bisa menjadi mimpi buruk.

Dr. Pina LoGiudice, seorang ahli akupunktur dan dokter naturopati di Innersource di NY memiliki beberapa cara alami agar kehamilan menjadi lebih menyenangkan. Ia menemukan bahwa kapsul jahe dapat efektif mengatasi morning sickness.

"Saya merekomendasikan dua kapsul jahe 250 miligram dua kali sehari. Vitamin B6 juga merupakan nutrisi bagus yang bisa membantu metabolisme hormon tubuh sehingga membantu mengurangi mual," kata Dr. LoGiudice seperti dilansir FoxNews.com, Jumat (2/12/2011).

Vitamin C dosis tinggi tidak baik untuk ibu hamil
Karena sistem kekebalan tubuh sedikit menurun selama kehamilan, perempuan bisa lebih rentan terhadap pilek. Penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak tidur, semakin baik sistem kekebalan tubuh.

"Dosis kecil vitamin C baik untuk ibu hamil yang sedang pilek, tapi jangan terlalu banyak karena dapat menyebabkan kontraksi, biasanya kurang dari 500 mg per hari," imbuh Dr. LoGiudice.

Magnesium untuk redakan nyeri dan kram
Ibu hamil juga akan mengalami perubahan tubuh untuk membuat ruang yang cukup bagi pertumbuhan bayi. Akibatnya, seringkal menimbulkan rasa sakit dan nyeri di kaki, punggung bagian bawah, dan pinggul.

"Hal pertama yang pasti magnesium. Magnesium dapat membantu meringankan nyeri di gelisah atau kram di punggung bagian bawah pada ibu hamil. Kalsium juga perlu, sebab tubuh jadi lebih sakit dan nyeri karena sedang terserap untuk perkambangan janin, sehingga ibu hamil sendiri jadi kekurangan," kata Dr. LoGiudice.

Teh peterseli ringankan pembengkakan
Tambahan darah dan cairan dapat menyebabkan pembengkakan. Hal itu normal, tetapi dapat membuat ibu hamil sangat tidak nyaman.

"Hal pertama yang saya sarankan adalah teh peterseli yang akan membantu tubuh menghilangkan cairan dalam tubuh sehingga tidak begitu bengkak. Ada informasi yang bertentangan tentang asupan garam. Jangan terlalu banyak dan jangan terlalu sedikit.," Kata LoGiudice.

Jika ibu hamil mengalami mulas, LoGiudice merekomendasikan enzim pepaya. Kunyahlah perlahan dan khasiatnya akan menurunkan stres.




(mer/ir)

Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit