detikhealth

Angka Normal untuk Tanda-tanda Vital Tubuh

Vera Farah Bararah - detikHealth
Selasa, 06/12/2011 15:19 WIB
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Beberapa bagian tubuh yang vital memiliki nilai tertentu yang menunjukkan apakah ia tergolong normal atau tidak. Untuk itu ketahui nilai normal dari bagian-bagian tubuh yang vital.

Ukuran tubuh umumnya ditentukan oleh seberapa banyak kalori yang masuk dan keluar, jadi tidak bisa menjadi tanda apakah seseorang sehat atau tidak. Sedangkan tubuh yang sehat ditentukan oleh pola makan yang tepat, aktivitas fisik dan pikiran yang tajam.

Berikut ini nilai normal untuk tanda-tanda yang vital bagi tubuh, seperti dikutip dari Livestrong dan Mayo Clinic, Selasa (6/12/2011) yaitu:

1. Tekanan darah
Tekanan darah yang diukur dibagi menjadi 2 yaitu sistolik (tekanan yang dibaca di atas saat jantung berkontraksi) dan diastolik (tekanan yang dibawa di bawah saat otot jantung berelaksasi). Tekanan darah yang normal seharusnya memiliki nilai 120/80.

2. Denyut jantung
Denyut jantung yang dimiliki oleh seseorang biasanya diukur dari denyut nadi di pergelangan tangan selama 1 menit, nilai denyut jantung yang normal antara 60-80 per menit.

3. Suhu tubuh
Suhu atau temperatur tubuh digunakan untuk mengetahui apakah tubuh mengalami demam atau tidak, suhu tubuh yang normal antara 36-37 derajat celsius. Jika nilainya mencapai 38 derajat atau lebih maka sudah masuk dalam kategori demam.

4. Kolesterol
Pengukuran kolesterol biasanya untuk mengetahui jumlah kolesterol total, jika jumlahnya lebih dari 200 mg/dl darah menjadi batas peringatan terahdap peningkatan risiko penyakit jantung, sebaiknya lakukan tes untuk mengetahui jumlah HDL dan LDL-nya. Jika kadar LDL lebih dari 100 mg/dl darah maka ia berisiko terhadap penyakit tertentu.

5. Hemoglobin
Hemoglobin merupakan molekul protein di sel darah yang berfungsi mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh dan membawa karbondioksida dari tubuh ke paru-paru. Nilai hemoglobin yang normal untuk bayi baru lahir 17-22 gram/dl darah, anak-anak 11-13 mg.dl darah, laki-laki 14-18 gram/dl darah dan perempuan 12-16 gram/dl darah.


(ver/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit