detikhealth

Pasien Gangguan Tiroid Sering Salah Dokter

Vera Farah Bararah - detikHealth
Selasa, 13/12/2011 15:17 WIB
Pasien Gangguan Tiroid Sering Salah Dokter(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Gangguan tiroid umumnya memiliki gejala yang beragam mulai dari jantung berdebar hingga perubahan berat badan. Tak jarang pasien gangguan tiroid kadang harus pergi ke berbagai dokter untuk mengetahui penyakitnya.

"Sering kali salah masuk kamar atau diping-pong sana sini, hal ini tentu merugikan pasien," ujar Prof Dr Johan S Masjhur, SpPD-KEMD, SpKN dalam acara seminar media Waspadai Gangguan Kesehatan Akibat Kelainan pada Kelenjar Tiroid, di Hotel Sahid Jaya, Jakarta, Selasa (13/12/2011).

Gejala yang muncul dari gangguan tiroid seperti denyut jantung yang tidak beraturan atau berdetak lebih cepat sehingga ia konsultasi ke dokter jantung, perubahan pola buang air besar ia berkonsultasi ke dokter lain, lalu adanya perubahan dalam berat badan pergi ke dokter gizi.

Untuk itu tak jarang beberapa pasien sudah berkonsultasi ke berbagai dokter sebelum akhirnya ia diketahui memiliki gangguan tiroid, baik itu hipertiroid, hipotiroid atau ada nodul (benjolan) tiroid.

"Nodul tiroid ini bisa tunggal atau lebih, kalau ada nodul ini diperiksa apakah ganas atau tidak, jika memang ganas maka harus dilakukan pengangkatan agar tidak berubah menjadi kanker tiroid," ujar Prof Johan.

Prof Johan mengungkapkan 5-7 persen keluhan pertama ada benjolan di leher yang bisa disebabkan oleh hipotiroid, hipertiroid atau tidak ada apa-apa atau bisa berfungsi normal.

Tiroid adalah kelenjar yang terletak di leher bagian depan yang berbentuk seperti kupu-kupu dan seringkali mudah untuk diraba. Kelenjar ini akan memproduksi hormon tiroid yang berfungsi menstimulasi metabolisme dari sel-sel di tubuh.

Gejala yang muncul untuk hipertiroid termasuk keringat berlebihan, berat badan menurun, gemetaran, gelisah, tidaktoleran terhadap panas, mudah lelah, konsentrasi berkurang, mata melotot (seperti mau keluar) dan menstruasi yang tidak teratur atau sedikit.

Gejala yang muncul untuk hipotiroid termasuk depresi, kelelahan, tidaktoleransi terhadap dingin, kulit dan rambut yang kering, tingkat kolesterol meningkat, denyut jantung menurun, konsentrasi menurun dan rasa sakit atau nyeri yang samar-samar.

Sedangkan untuk nodul tiroid biasanya baru diketahui ketika seseorang sedang mengaca dan menemukan adanya benjolan di leher bagian depan.


(ver/ir)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit