detikhealth
Konsultasi Gizi
Leona Victoria Djajadi (Nutrisionis)

Leona Victoria Djajadi, Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) yang bersekolah di program nutrisi University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets.

Apa yang Harus Dilakukan Agar Berat Badan si Kurus Bertambah?

Vera Farah Bararah - detikHealth
Rabu, 14/12/2011 12:21 WIB
Apa yang Harus Dilakukan Agar Berat Badan si Kurus Bertambah?(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Selama beberapa tahun ini, berat badan saya tidak pernah mengalami perubahan. Saya sudah mencoba beberapa macam cara untuk menambah berat badan seperti minum jamu dan vitamin, tapi tetap saja tidak bisa.

Apa ada cara untuk menambah berat badan saya, setidaknya hingga mendapatkan berat badan dengan tinggi badan yang ideal buat saya? Terimakasih.

Via (Perempuan Lajang, 23 Tahun), vianiXXXX@yahoo.co.id
Tinggi Badan 155 Cm dan Berat Badan 41 Kg

Jawaban

Via, jika dihitung dengan Body Mass Index (BMI) maka berat badan yang sehat dan sesuai dengan tinggi badan Anda adalah 42-56 Kg.

Dengan tidak mengetahui lebih lengkap aktifitas harian Anda (apakah Anda melakukan banyak aktifitas fisik atau duduk) dan pola makan Anda, saya akan memberikan panduan umum untuk menaikkan berat badan, yaitu:

1. Makan 5-6 kali sehari
Jadwal setiap hari: 3 makan besar seperti sarapan, makan siang dan makan malam ditambah 2-3 kali cemilan.
Usahakan untuk memberi jarak 2-3 jam antar makan untuk memberikan waktu mengolah makanan.

2. Makan makanan yang mempunyai banyak energi seperti susu full krim dan produk olahannya, daging, ikan, telur, kacang-kacangan dan alpukat.
Jangan ragu untuk memasukkan protein (susu,telur, ikan dan daging) ke dalam setiap makanan Anda karena Anda memerlukannya untuk menambah berat badan dan massa otot.

Untuk konsumsi jamu dan vitamin, tidak ada masalah jika Anda merasa memerlukannya. Hanya saja vitamin tidak terbukti dapat menambah berat badan (secara eksklusif).

Saya juga menganjurkan Anda untuk memulai berolahraga ringan (jika Anda belum melakukannya) agar energi yang Anda konsumsi tidak hanya disimpan sebagai lemak tetapi juga sebagai otot. Juga jangan lupa untuk beristirahat yang cukup dan jangan stres karena stres memakan energi. Selamat mencoba.

Leona Victoria Djajadi MND
Master of Nutrition and Dietetics (Ahli Gizi) dari University of Sydney. Dengan minat khusus pada program diet untuk oncology, cardiology, diabetes, gastrointestinal and life modification program diets.


(ir/ir)


Ikuti survei online detikHealth berhadiah paket dari SOHO dan merchandise di sini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit