detikhealth

Si Perempuan Fruitarian yang Hanya Makan Buah Setiap Hari

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Senin, 19/12/2011 10:40 WIB
Si Perempuan Fruitarian yang Hanya Makan Buah Setiap HariStar Khechara (dok. thesun)
London, Bisakah orang tetap sehat dan berenergi dengan hanya makan buah setiap hari? Star Khechara ternyata bisa membuktikannya. Berawal dari menjadi vegan, perempuan usia 35 tahun itu kini menjadi fruitarian alias hanya makan buah-buahan setiap hari yang jumlahnya puluhan.

Star Khechara bisa makan setidaknya 70 buah jeruk, 60 buah pisang dan 70 buah pir dalam waktu 1 minggu. Hal ini tidaklah mengejutkan karena ia adalah seorang fruitarian, yaitu orang yang hanya mau makan buah, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Sejak 18 tahun yang lalu, Star Khechara (35 tahun) sudah menjadi seorang vegan, yaitu orang yang hanya mau makan sayur dan buah. Namun sejak setahun yang lalu, Khechara memutuskan untuk menjadi fruitarian, yang hanya makan buah, biji-bijian dan kacang-kacangan.

"Tidak seperti vegetarian, kaum vegan tidak makan produk hewani apapun, termasuk susu atau telur. Namun, saya selalu memuja buah sebagai makanan terbaik dari semua yang ada. Anda tidak menemukan banyak orang yang hidup hanya dengan makan buah. Namun berabad-abad lalu, dokter Yunani sangat mengagumi manfaat buah dan sering diresepkannya untuk atlet. Ada juga bukti kaum Viking makan banyak buah," jelas Star Khechara, seperti dilansir Thesun, Senin (19/12/2011).

Menurut Khechara, dietnya sekarang hampir 100 persen buah, dengan beberapa tambahan biji-bijian dan kacang-kacangan untuk tambahan gizi seimbang.

Khechara menghabiskan 80 poundsterling (sekitar Rp 1,1 juta) per minggu untuk membeli produk organik. Biasanya ia memulai hari dengan smoothie porsi besar yang terbuat dari 10 buah jeruk dan 2 buah mangga.

Alternatifnya adalah smoothie yang diberi nama 'permen karet' karena warnanya yang lucu dan terbuat dari 6 buah pisang, 200 gram rasberry, 1 buah mangga madu dan air.

Untuk makan siang, ia makan 10 buah pir atau smoothie dari 8 buah pisang dan segenggam kurma. Dan untuk makan malam, ia menyediakan mentimun, mangga, tomat dan kurma.

"Saat makan malam saya makan sedikit salad hijau, seperti bayam, selada domba dan seledri. Dan jika saya lapar saat siang hari, saya ngemil anggur dan apel. Saya juga makan satu kacang Brazil per hari yang mengandung mineral penting, seperti selenium," ujar Khechara.

Khechara tak minum kopi atau teh, tetapi ia hanya minum 3 liter air putih dan selingi air kelapa. Kadang-kadang ia minum alkohol yang terbuat dari anggur organil rose.

Meski hanya makan buah, Khechara mengaku tetap kenyang. Dengan tinggi 167,6 cm, tubuhnya tampak ideal dengan berat badan 69 kg.

"Jumlah kalori harian yang direkomendasikan bagi wanita adalah 2.000, tapi saya makan sekitar 2.500 kalori sehingga saya tidak pernah lapar," ujar Khechara.

Banyak orang yang berpikir bahwa diet yang dijalankan Khechara dapat menyulitkan sistem pencernaan, namun Khechara mengatakan ia tidak pernah mengalami masalah apapun. Berkat makan banyak buah, ia bahkan tampak 13 tahun lebih muda dari umurnya yang sebenarnya kini 35 tahun.

"Ini cocok dijadikan diet untuk orang yang malas. Anda hanya perlu membeli buah dan memakannya," tutup Khechara.




(mer/ir)


Punya pengalaman menarik seputar diet ? Kirimkan disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit