detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
Dr. Pria Agustus Yadi, Sp.B-KBD

Dr. Pria Agustus Yadi, Sp.B-KBD adalah Dokter Spesialis Bedah Digestif. Praktik di RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525.

Apakah Sering Kentut Pertanda Gangguan Perut?

Selasa, 20/12/2011 10:01 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Mohon petunjuk dok, seharian saya jadi kentut saja dan perut kembung. Kenapa ya, apakah ada ganguan apa di perut saya? Sebelumnya saya ucapkan terimakasih atas jawabnya.

Rudy Hartono (Pria Lajang, 23 Tahun), jarwo.kuXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 164 Cm dan Berat Badan 70 Kg

Jawaban

Sebenarnya gas selalu ada di dalam lambung dan usus kita, karena di dalam rongga mulut kita selalu ada udara yang kita hisap (tanpa kita sadari) secara rutin selama kita mampu bernafas. Udara ini sebagian akan tertelan manakala kita menelan ludah yang juga secara rutin yang tanpa kita sadari juga kita lakukan.

Selain itu, lambung pun akan menghasilkan gas apabila asam lambung produksinya tinggi, karena makanan yang akan dihaluskan tidak ada sehingga asam lambung akan mengalami reaksi enzimatik yang akan menghasilkan gas.

Hal lain yang dapat menyebabkan gas kita bertambah adalah makanan yang kita konsumsi seperti lobak, kol dan ubi.

Terakhir adalah proses fermentasi yang tidak berlangsung dengan baik dan hal ini terutama bila memakan makanan yang asing, makanan kaleng seperti kornet atau sardens, yang juga akan dihasilkan gas yang sering berbau tidak enak.Next

Halaman 1 2
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit