detikhealth
Konsultasi Bedah
Dr. Pria Agustus Yadi, Sp.B-KBD

Dr. Pria Agustus Yadi, Sp.B-KBD adalah Dokter Spesialis Bedah Digestif. Praktik di RS PONDOK INDAHPONDOK INDAH Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525.

Nyeri Perut Sebelah Kiri Pertanda Apa?

Rabu, 28/12/2011 10:20 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: Thinkstock)
Dok, kenapa perut sebelah kiri bawah saya sering terasa sakit seperti ditusuk-tusuk. Kira-kira apa penyebabnya Dok? Terimakasih.

Dio (Pria Lajang, 23 Tahun), cybergXXX@ymail.com
Tinggi Badan 175 Cm dan Berat Badan 57 Kg

Jawaban

Nyeri pada perut umumnya dibedakan menjadi nyeri viseral yaitu rangsang nyeri murni berasal dari organ perut yang dipersarafi oleh saraf otonom, yaitu saraf yang tidak di bawah kendali sadar, sehingga kita merasakan nyeri tapi tidak mampu menunjukkan secara tepat, titik nyeri utu berasal secara pasti.

Nyeri kedua adalah nyeri somatik, yaitu rangsang nyeri yang berasal dari bagian perut yang disarafi oleh saraf somatik, bisa dirasakan dan diketahui dengan tepat sumber nyeri tersebut.

Contoh ada radang atau infeksi seperti bisul pada dinding perut, maka sambil memejamkan mata kita bisa tunjukkan lokasi bisul tersebut. Sering nyeri viseral kemudian berkembang menjadi nyeri somatik bila proses penyebab nyerinya meluas ke dinding perut baik di depan, di bawah, maupun di belakang. Contoh paling mudah misalnya radang usus buntu tahap lanjut, pasien akan menunjukkan bagian kanan bawah perut yang dirasakan nyeri.

Hernia lipat paha yang berisi usus yang terjepit. Umumnya nyeri viseral disebabkan, tarikan, regangan dan iritasi akibat radang atau infeksi seperti kebocoran lambung atau usus, dimana isinya akan tumpah dan mengotori rongga perut. Sebab lain adalah nyeri akibat sumbatan pembuluh darah (nyeri iskemik) yang biasanya sangat nyeri, menetap dan bertambah hebat nyerinya.Next

Halaman 1 2
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit