detikhealth
Konsultasi Kedokteran Olahraga
dr. Dito Anurogo

dr. Dito Anurogo, medical doctor at neuroscience department and Brain and Circulation Institute of Indonesia (BCII), Surya University, Indonesia.

Bagaimana Cara Mengatasi Tidur Ngorok?

Irna Gustia - detikHealth
Senin, 16/01/2012 15:49 WIB
Halaman 1 dari 4
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Dok, setiap kali tidur, baik sebentar maupun lama, saya sering mendengkur (ngorok). Masih agak mendingan jika hanya pelan-pelan saja. Dengkuran saya sangat keras. Saya tidak tahu bagaimana cara mengatasinya. Apa yang harus saya lakukan? Terimakasih atas sarannya.

Aya (Perempuan Lajang, 25 Tahun), ayaXXXXX@gmail.com
Tinggi Badan 160 Cm dan Berat Badan 55 Kg

Jawaban:

Dear Aya,
Terimakasih atas kepercayaannya. Kami turut bersimpati dan berempati dengan keadaan mbak Aya. Tenanglah, semua permasalahan pasti ada solusinya.
Langsung menuju pokok permasalahan ya.

Dari keluhan di atas, kami menggarisbawahi pada kalimat kunci: setiap tidur selalu mendengkur sangat keras. Sebelum menuju ke solusinya, perkenankanlah kami sedikit menguraikan beberapa fakta medis tentang mengorok (snoring).

Mengorok merupakan salah satu potret klinis dari obstructive sleep apnoea (OSA). Selain itu, mengorok juga berkaitan erat dengan kurang tidur, hipertensi, aritmia kardiak (ketidaknormalan ritme/irama jantung), penurunan fungsi paru-paru. Hal lain yang mengejutkan adalah bahwa mengorok ternyata meningkatkan risiko terkena serangan jantung (heart attack) dan stroke.

Mengorok merupakan suara/bunyi inspirasi yang muncul selama seseorang itu tidur. Mengorok disebabkan oleh menyempitnya jalan nafas nasofaring sehingga aliran udara (turbulent airflow) selama bernafas relaks menggetarkan bagian-bagian yang lunak dari saluran/jalan nafas orofaring, seperti: soft pallatum (langit-langit di rongga mulut).Next

Halaman 1 2 3 4
(ir/up)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit