detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Karpet Hitam Putih Lebih Sering Bikin Orang Merasa Tak Sehat

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Senin, 06/02/2012 10:55 WIB
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Sembarangan memilih dekorasi ruangan bisa mempengaruhi kesehatan, khususnya bila menyangkut pemilihan motif karpet. Seseorang cenderung merasa lebih tidak sehat dan bahkan mual-mual ketika berdiri di atas karpet bermotif hitam putih.

Perasaan tidak sehat dan juga rasa mual saat berada di ruangan dengan karpet hitam putih disebut-sebut memiliki kemiripan dengan gejala mabuk perjalanan atau motion sickness. Bedanya pada kasus ini, seseorang tidak sedang bergerak namun motif karpet membuatnya seperti bergerak.

"Karpetnya tidak bergerak, orangnya juga tidak bergerak. Namun beberapa orang dilaporkan merasa tidak enak badan seperti mabuk perjalanan," kata Prof Frederick Bonato, PhD, psikolog dari Saint Peter's College seperti dikutip dari MSNBC, Senin (6/2/2012).

Menariknya, efek ini muncul tidak hanya pada karpet yang sudah berhari-hari dipasang di satu ruangan. Hanya dalam waktu 5 menit saja, seseorang yang baru masuk ke ruangan dengan motif hitam putih seperti itu sudah bisa merasakan efek seperti mabuk perjalanan.

Tidak disebutkan lebih spesifik motif seperti apa yang dimaksud, namun kombinasi warna hitam dan putih dengan pola tertentu diketahui memang bisa menimbulkan ilusi optik. Baik kotak-kotak maupun belang-belang semuanya bisa menyebabkan efek bergerak saat dilihat.

Untuk membuktikan pengaruh motif karpet terhadap kesehatan, Prof Bonato melakukan eksperimen terhadap 22 mahasiswa yang diketahui sebelumnya tidak punya riwayat gangguan saraf. Biasanya jika sarafnya bermasalah, maka rasa pusing atau mual sering muncul tanpa sebab misalnya saat vertigo.

Pada eksperimen ini, para mahasiswa hanya diminta duduk lalu diminta mengamati motif tertentu yang mengandung warna hitam putih yang berpola. Dalam waktu 5 menit, sebagian besar partisipan melaporkan gangguan kesehatan berupa rasa pusing dan mual-mual.



(up/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit