detikhealth
Konsultasi Umum
dr. Dito Anurogo

dr. Dito Anurogo, medical doctor at neuroscience department and Brain and Circulation Institute of Indonesia (BCII), Surya University, Indonesia.

Ulu Hati Sakit, Apakah Pertanda Maag Kronis?

Irna Gustia - detikHealth
Jumat, 17/02/2012 12:15 WIB
Halaman 1 dari 2
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Saya sudah 1 tahun ini mengidap penyakit maag, gejalanya ulu hati rasa penuh atau sesak, kalau lama duduk, tubuh lemas, kalau berjalan rasanya jatuh, dan kepala pusing, perut kembung. Apakah itu gejala maag akut atau kronis?

Sutrisno (Pria Menikah, 33 Tahun), HadX_XXXX@yahoo.co.id
Tinggi Badan 170 Cm dan Berat Badan 60 Kg

Jawaban

Dear Sutrisno,
Terimakasih atas kepercayaannya kepada kami.

Dari keluhan di atas, ada petunjuk kunci: perut kembung, ulu hati terasa penuh atau sesak, sudah 1 tahun. Semua petunjuk ini mengarah ke maag kronis (menahun) dengan kemungkinan diagnosis mengarah ke IBS (irritable bowel syndrome) atau sindrom iritasi usus.

IBS ditandai dengan munculnya berbagai gejala kronis yang berulang, seperti: rasa nyeri atau sensasi tidak nyaman di perut yang dirasakan berpindah-pindah, sesaat, frekuensinya tidak terlalu sering, nyeri dapat mereda, berkurang, menghilang atau merasa lebih nyaman baik saat maupun setelah buang air besar (BAB) atau kentut.

Dapat juga disertai: nyeri mereda atau membaik dengan BAB, tinja lebih sering atau lebih lembek saat nyeri berlangsung, perut kembung atau tegang (dapat berisi gas atau cairan) yang terlihat jelas, keluar lendir dari dubur, sensasi BAB tidak tuntas.Next

Halaman 1 2
(ir/up)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit