Doctor's Life

Prof Dr Satyanegara, Maestro Bedah Saraf Indonesia

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Senin, 20/02/2012 14:31 WIB
Halaman 1 dari 4
Prof Satyanegara (dok: detikhealth)
Jakarta, Bedah membedah otak mulai dari kasus tumor otak, hidrosefalus, pikun, koma hingga stroke telah dilakoni Prof Dr dr Satyanegara, SpBS dalam separuh lebih perjalanan hidupnya yang kini di usia 73 tahun. Prof Satyanegara tercatat sebagai salah satu maestro bedah saraf Indonesia.

Memang ia bukan pelopor pertama, karena ada dokter-dokter lain yang lebih dulu menjadi pionir bedah saraf di Indonesia seperti Prof Suwaji, Prof Handoyo, Prof Iskarno dan Prof Patmo.

Tapi nama Prof Satyanegara kian moncer setelah kasus-kasus sulit seputar stroke dan batang otak banyak yang berhasil ditanganinya menjadi pembicaraan banyak orang.

Bukan cuma di Indonesia, di Jepang nama Prof Satyanegara sebagai maestro bedah saraf juga sangat diperhitungkan. Pada tahun 2005 ia pernah mendapat penghargaan The Order of Rising Sun Gold Ray With Neck Ribbon, yang diberikan langsung oleh Kaisar Jepang.

Di dalam negeri, Prof Satyanegara pernah menerima penghargaan yang untuk bidang kedokteran dari Achmad Bakrie Award tahun 2011. Penghargaan ini diberikan atas jasanya dalam menemukan protein dan antibodi spesifik untuk mematikan tumor.

Sejak pulang ke Indonesia pada tahun 1972, Prof Satyanegara yang sejak lulus SMA melanjutkan kuliah kedokterannya di Jepang ini langsung mengemban jabatan dan tanggung jawab yang besar. Selain pernah menjadi direktur RS Pusat Pertamina, ia juga mengetuai tim dokter kepresidenan era Soeharto dan Gus Dur.

Perjalanannya menjadi salah satu pakar bedah otak terbaik cukup panjang. Dimulai ketika setamat SMA di Surabaya, ia sudah punya cita-cita sekolah dokter di Jepang. Walaupun kemungkinannya tipis untuk sekolah dokter di Jepang tapi tekadnya selalu besar, hingga akhirnya bisa sekolah dokter di Kyushu University.Next

Halaman 1 2 3 4
(up/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit