detikhealth

Wahai Pria! Hati-hati Varises di Testis

Vera Farah Bararah - detikHealth
Rabu, 22/02/2012 16:55 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Jika ingin punya produksi sperma yang berkualitas maka pria harus berhati-hati dengan yang namanya varises di testis. Varises? Ya kalau perempuan umumnya mengalami varises di kaki, tapi pada laki-laki varises bisa terjadi di testis.

Maka itu pria sebaiknya jangan diabaikan karena bisa membuat testis mengecil hingga sulit punya anak. Varises di testis disebut dengan varikokel yang terjadi akibat pelebaran pembuluh-pembuluh vena di sekitar skrotum.

Pelebaran ini akan mengakibatkan penumpukan darah di sekitar testis yang membuat suhu skrotum meningkat dan mempengaruhi kualitas sperma.

"Misalnya remaja mengalami varikokel, kalau dibiarkan selama 5 tahun bisa menyebabkan penurunan sperma, jika sampai 10 tahun bisa membuat testis mengecil," ujar Dr dr Nur Rasyid, SpU dalam acara seminar media 'Faktor Spermatozoa Penyebab Infertilitas Pria' di Hotel Akmani, Jakarta, Rabu (22/2/2012).

Padahal volume testis diketahui sangat mempengaruhi produksi sperma, jika testis mengecil maka sudah tentu sperma yang diproduksi juga akan berkurang sehingga mempengaruhi kemampuannya untuk memiliki anak.

Selain itu varikokel juga bisa menyebabkan gangguan sirkulasi darah pada testis, perubahan tekanan pada pembuluh darah vena, renal atau adrenal refluks yang mana aliran balik darah kotor dari ginjal/anak ginjal, reaksi autoimunitas serta stres oksidatif yang mana jumlah radikal bebas dalam tubuh tinggi.

"Jika varikokel terjadi sejak kecil maka membuat konsistensi dari testis lembek. Biasanya dari kecil jika venanya tidak memiliki katup akibat adanya kelainan bawaan, tapi ada juga yang katup venanya tipis dan berjalannya waktu vena jadi melebar," ungkapnya.Next

Halaman 1 2
(ver/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit