detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Gunakan Celana Dalam Boxer untuk Cegah Gangguan Kesuburan

Vera Farah Bararah - detikHealth
Rabu, 22/02/2012 18:02 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Celana yang terlalu ketat diketahui bisa mempengaruhi kualitas sperma yang dimiliki laki-laki. Untuk itu bagi laki-laki yang mengalami gangguan kesuburan disarankan gunakan celana dalam boxer saat tidur.

Pembentukan spermatozoa (spermatogenesis) membutuhkan suhu testis 2-4 derajat celsius lebih rendah dari suhu tubuh. Jika suhunya terlalu tinggi maka spermatozoa akan matang dan mati sebelum keluar dari testis.

dr Ponco Birowo, SpU, PhD dalam acara seminar media 'Faktor Spermatozoa Penyebab Infertilitas Pria' di Hotel Akmani, Jakarta, Rabu (22/2/2012) menuturkan testis butuh suhu tubuh 32-34 derajat celsius, kenaikan setengah derajat saja bisa berhenti produksi.

"Kalau punya gangguan sebaiknya kalau tidur pakai celana dalam boxer atau yang longgar, jangan pakai celana yang ketat karena bisa menaikkan suhu di testis," ujar dr Ponco yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Asri Urology Center.

Beberapa gaya hidup juga diketahui bisa memperburuk kualitas sperma seperti kebiasaan merokok, minum alkohol, suka berendam di air panas, sauna, memangku laptop saat bekerja serta sering memakai celana dalam yang ketat.

Pada laki-laki yang mengalami gangguan kesuburan atau infertilitas, maka gaya hidup yang kurang baik tersebut harus dihilangkan, salah satunya dengan mengganti celana dalam saat tidur dengan yang longgar.

"Buat yang belum punya keturunan sebaiknya jangan pangku laptop, tapi kalau pangku istri boleh. Kalau laptopnya bagus bisa menaikkan suhu hingga 3 derajat, tapi kalau laptopnya enggak bagus bisa naikkan 8 derajat," ungkapnya.Next

Halaman 1 2
(ver/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit