detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Perubahan-perubahan pada Vagina Setelah Melahirkan

Adelia Ratnadita - detikHealth
Jumat, 24/02/2012 16:00 WIB
Halaman 1 dari 3
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Vagina secara alami berubah setelah melahirkan, dan mungkin merasa lebih lebar, kering atau sakit selama beberapa waktu. Maka sangat perlu untuk mencari tahu cara untuk dapat membantu mempercepat pemulihan.

Bila melahirkan, bayi berjalan melalui leher rahim dan keluar melalui vagina, yang juga disebut sebagai jalan lahir. Pintu masuk ke vagina harus meregang untuk memungkinkan bayi keluar. Kadang kulit antara vagina dan anus (perineum) mungkin robek atau dipotong oleh dokter untuk memungkinkan bayi keluar.

Setelah memiliki bayi, bukan hal yang aneh bagi wanita untuk merasa bahwa vagina menjadi lebih longgar atau lebih kering, dan memiliki rasa sakit atau nyeri selama seks. Kira-kira perubahan apa saja yang terjadi pada vagina setelah melahirkan dan bagaimana cara mempercepat pemulihannya?

Berikut beberapa perubahan pada vagina setelah melahirkan seperti dikutip dari NHSChoices, Jumat (24/2/2012) antara lain:

1. Vagina lebih lebar

"Vagina akan terlihat lebih lebar daripada sebelumnya. Vagina dapat terasa lebih longgar, lebih lembut dan lebih terbuka. Vagina juga dapat terlihat dan terasa memar atau bengkak. Kondisi tersebut adalah normal, dan pembengkakan mulai berkurang setelah beberapa hari setelah bayi lahir," kata Dr Suzy Elneil, konsultan di bagian urogynaecology, University College Hospital, London.

Vagina mungkin tidak akan kembali sepenuhnya seperti ketika sebelum melahirkan, namun hal tersebut tidak menjadi masalah. Para ahli merekomendasikan latihan dasar panggul. Latihan dasar panggul, yang kadang disebut latihan Kegel dapat memperkuat otot-otot vagina dan otot panggul. Next

Halaman 1 2 3
(del/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit