detikhealth

Nenek Tampak 30 Tahun Lebih Muda Berkat Diet Sayur Mentah

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Sabtu, 03/03/2012 10:12 WIB
Nenek Tampak 30 Tahun Lebih Muda Berkat Diet Sayur MentahAnnette Larkins (dok. thegrio)
Miami-Dade County, Florida, Ketika Annette Larkins keluar rumah dengan suaminya yang berusia 54 tahun, orang beranggapan mereka adalah ayah dan anak. Karena wajahnya yang awet muda, tanpa keriput, sehat, bugar dan selalu tampak segar, tak ada yang menyangka bahwa usianya sudah 70 tahun.

Meski usia Annette Larkins (70 tahun) sudah tergolong nenek-nenek, ia tampak 30 tahun lebih muda karena gaya hidupnya yang sangat sehat dan alami. Annette menjalani pola makan vegan mentah yang semua bahan makanan hampir tumbuh di kebun rumahnya sendiri.

Sebagai informasi, diet vegan berbeda dengan vegetarian. Orang yang diet vegetarian tidak mengonsumsi daging, sementara orang yang diet vegan tidak mengonsumsi semua produk hewani termasuk susu dan telur.

Halaman belakang rumahnya penuh dengan buah-buahan dan sayuran. Setiap sudut kebunnya memiliki sesuatu yang bisa dimakan. Annette juga mengumpulkan air hujan untuk diminum dan menyirami tanaman. Annette mengatakan makanan di kebunnya adalah 'Fountain of Youth' (mata air awet muda).

"Saya sangat bersemangat dan memiliki banyak energi. Saya bangun pagi tidak lebih dari jam 5.30 setiap hari dan sudah siap untuk beraktivitas," ujar Annette Larkins, yang berasal dari Miami-Dade County, Florida, seperti dilansir Thegrio, Sabtu (3/3/2012).

Suami Annette, Amos (54 tahun) memiliki sebuah toko daging pada tahun 1960. Saat itulah Annette memutuskan untuk menjadi seorang vegetarian. Dan seiiring dengan perjalanan waktu, ia pun beralih menjadi seorang vegan mentah.

Ia mengatakan tidak makan semua produk hewani. Makanannya tidak perlu diproses dan mentah.

"Pola makan saya terdiri dari buah-buahan, kacang-kacangan, sayuran dan biji-bijian. Saya menanam banyak bibit dan seperti yang Anda lihat dari kebun saya. Tentu saja itu adalah makanan mentah yang saya makan," jelasnya.

Annette juga mengonsumsi jus buah dan sayur. Namun tidak semua orang di dalam keluarganya menjalani pola makan seperti Annette. Suaminya memilih untuk terus makan dengan cara yang ia lakukan ketika pertama kali menikah.

"Saya sungguh berharap bisa melakukan apa yang dia lakukan sekarang," ujar Amos, suami Annette.

Amos mengatakan orang-orang bahkan menganggap Annette adalah putrinya. Padahal secara usia, Annette 16 tahun lebih tua darinya. Berbeda dengan Annette yang sangat sehat, Amos pun harus minum obat-obatan setiap hari karena menderita tekanan darah tinggi dan diabetes.
 

 
Dan karena banyak teman dan orang asing yang terus bertanya tentang kesehatan dan penampilannya yang awet muda, Annette pun memutuskan untuk menerbitkan buklet 'Journey To Health' dan memproduksi DVD 12 tahun yang lalu.





(mer/ir)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit