detikhealth

Doctor's Life

Dr Junita Indarti, Jadi Dokter Kandungan Wanita Karena Langka

Vera Farah Bararah - detikHealth
Senin, 05/03/2012 09:44 WIB
Halaman 1 dari 4
Dr Junita (dok. detikHealth)
Jakarta, Tak banyak perempuan yang menjadi dokter kandungan, karena profesi ini lebih didominasi oleh laki-laki. Karena jumlahnya yang sedikit dan sulit dicari, maka sang ibu meminta Dr dr Junita Indarti, SpOG untuk menjadi dokter kandungan.

"Ibu saya bilang enggak ada tuh dokter kandungan perempuan, susah dicari. Ia bilang coba kamu jadi dokter kandungan saja. Jadi dari kecil, SD atau SMP gitu saya sudah disuruh jadi dokter kandungan," ujar Dr Junita yang ditemui di RSCM Kencana seperti ditulis detikHealth, Senin (5/3/2012).

Dr Junita menuturkan saat itu dokter kandungan perempuan hanya ada 1-2 orang saja dan itu pun pasiennya selalu penuh sampai tengah malam. Nah, dari situ ibunya meminta ia untuk menjadi dokter kandungan dan kebetulan ia juga senang dengan ilmunya.

Ia menceritakan pada zaman itu dokter kandungan memang kebanyakan laki-laki. Hal ini karena perempuan agak sulit untuk bisa menjadi dokter kandungan karena waktu itu kerjaannya berat dan dia harus jaga malam.

"Untuk sekolahnya berat dan setelah lulus ia harus mampu menolong persalinan meski pun tengah malam," ujar dokter yang mendapatkan gelar Doktor dari FKUI pada tahun 2009.

Meski begitu tak mudah bagi Dr Junita untuk bisa masuk ke kedokteran UI. Ia menuturkan bahwa ibunya ketat sekali dalam mendidik anak-anaknya terutama dibidang pendidikan. Saat itu ia harus juara kelas dan mendapatkan nilai tertinggi.

"Kebetulan juga saya senang dengan ilmu kedokteran, saya bisa menjadi dokter karena memang usaha yang keras dan doa serta motivasi yang kuat dari ibu, itu berpengaruh banget," ungkap dokter yang memiliki 3 orang anak ini.Next

Halaman 1 2 3 4
(ver/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit