detikhealth

Ciri Fisik yang Berubah Saat Anak Laki dan Perempuan Puber

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Selasa, 06/03/2012 16:58 WIB
Halaman 1 dari 5
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Saat anak perempuan dan laki memasuki masa pubertas terjadi perubahan hormon yang merangsang pertumbuhan fisik, perubahan tingkah laku dan perkembangan organ seksual. Apa saja ciri fisik yang berubah?

Perubahan tersebut terpicu oleh kerja hormon pelepas gonadotropin (GnRH) dari hipotalamus pada kalenjar hipofisis anterior. Di kedua jenis kelamin, perubahan emosi dan psikologis juga terjadi.

Berikut perubahan fisik pada anak perempuan dan laki yang memasuki masa puber seperti dikutip dari The Human Body Book karangan Steve Parker yang diterbitkan Erlangga, Selasa (6/3/2012):

Pubertas anak perempuan

1. Pada anak perempuan, perubahan fisik pubertas dimulai pada usia sekitar 10 atau 11 tahun. Sebagian besar memperlihatkan beberapa tanda perkembangan di usia 13 tahun dan cenderung tak ada perubahan selanjutnya setelah usia 16 tahun.

Pubertas terjadi lebih awal dari yang terjadi di masa lalu. Di tahun 1980, sebagian besar anak perempuan mendapat menstruasi pertamanya di usia 15 tahun, saat ini menstruasi dimulai pada usia 12-13 tahun.

2. Perubahan tubuh wanita disebabkan oleh kerja dua hormon, estrogen dan progesteron. Belum diketahui apa penyebab hipotalamus mulai melepas GmRH, hormon pemicu pubertas, tapi faktor sosial dan psikologis, serta pola makan turut berperan.Next

Halaman 1 2 3 4 5
(ir/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
Must Read close