detikhealth

Penyebab-penyebab Sakit di Perut

Vera Farah Bararah - detikHealth
Kamis, 08/03/2012 08:30 WIB
Halaman 1 dari 2
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Rasa sakit di perut bisa disebabkan oleh banyak hal, meski terkesan sepele kadang rasa sakit ini menjadi tanda dari suatu penyakit serius. Apa saja penyebab rasa sakit di perut?

Perut yang sakit bisa terjadi sebentar, hilang timbul atau muncul pada waktu-waktu tertentu saja. Dr Vivek Kaul, kepala divisi gastroenterologi dan hepatologi dari University of Rochester Medical Center di Rochester, New York menuturkan ada beberapa penyebab rasa sakit di perut, seperti dikutip dari Health, Kamis (8/3/2012) yaitu:

1. Batu Empedu
Batu empedu terbentuk di kandung empedu, batu-batu ini menyebabkan pembengkakan dan memblokir saluran usus sehingga timbul sakit. Sakit batu empedu cenderung menyerang sisi kanan perut bagian atas terutama setelah makan berlemak karena memicu kandung empedu berkontraksi.

2. Pankreatitis
Peradangan pankreas bisa menyebabkan rasa sakit terbakar di perut bagian atas atau tengah, beberapa orang bahkan ada yang merasa linu sampai ke punggung. Biasanya orang bersandar ke depan atau berbaring terlentang untuk mengurangi rasa sakit dan meredakan nyeri, mual dan muntah.

3. GERD
Gastroesophageal reflux disease (GERD) menyebabkan nyerid i perut atas dan dada bagian bawah atau nyeri di ulu hati. Penyebabnya katup yang memisahkan perut dari kerongkongan lemah sehingga makanan dan asam lambung bisa naik ke atas. Mengonsumsi terlalu banyak makanan atau jenis makanan berlemak bisa memperburuk keadaan.

4. Intoleransi laktosa
Umumnya disebabkan karena tubuh tidak bisa menerima laktosa yaitu gula yang ditemukan dalam produk susu dan susu. Biasanya menyebabkan sakit perut ringan, kembung, diare, bersendawa, gas dan gangguan pencernaan.

5. Efek samping obat
Bifosfonat oral yang berguna membantu mempertahankan kepadatan tulang dan mencegah osteoporosis bisa menyebabkan pembengkakan dan rasa sakit di esofagus. Sedangkan obat nyeri yang dikenal NSAID seperti ibuprofen dan aspirin bisa menyebabkan pembengkakan di lapisan lambung.Next

Halaman 1 2
(ver/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit