detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
Dr. Pria Agustus Yadi, Sp.B-KBD

Dr. Pria Agustus Yadi, Sp.B-KBD adalah Dokter Spesialis Bedah Digestif. Praktik di RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525.

Punggung Sakit, Adakah Terkait dengan Maag Kronis?

Kamis, 08/03/2012 11:45 WIB
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Dok, saya pernah 3 tahun maag kronik hilang timbul tapi jarang, belakangan jadi sering kambuh dan setelah diperiksa endoskopy dan cek sample di lab ada infeksi kuman HP, lalu diobati selama 1,5 bulan dan sembuh tapi sekarang saya sering sakit punggung dan sampai kadang tidak bisa berdiri saya cek urine ternyata normal fungsi ginjal juga normal kreatinin 1,2 (JAFE) urea juga di bawah ambang, tapi memang saya pernah operasi ambil batu ureter, jadi bingung nih mau bidang mana saya berobat.

Pak Duwo (Pria Menikah, 38 Tahun), makkXXX@hotmail.com
Tinggi Badan 165 cm dan Berat Badan 67 kg

Jawaban:

Sakit punggung dapat disebabkan banyak hal, bisa karena kelainan tulang belakang, kelainan syaraf yang keluar dari tulang belakang yang menuju daerah punggung, kelainan otot-otot punggung itu sendiri, ataupun kelainan organ atau bagian tubuh yang berada di dalam rongga perut.

Umumnya nyeri yang dirasakan di daerah punggung yang disebabkan kelainan organ di dalam rongga perut, umumnya disebabkan adanya sumbatan pada organ yang berongga (saluran) sehingga terjadi kontraksi kuat namun tertahan (spasme). Mohon dijelaskan, punggung sebelah mana yang dirasakan sakit, biasanya lokasi nyeri akan menunjukkan lokasi anatomi penyebab rasa sakit tersebut.

Misalnya, punggung kanan, bisa karena sumbatan pada saluran empedu, adanya sumbatan saluran ureter kanan, sumbatan dari saluran usus besar pada sisi kanan oleh berbagai sebab, demikian juga di sisi kiri akan mengarahkan penyebabnya, yaitu organ perut yang letaknya di sebelah kiri.

Untuk menghilangkan kemungkinan penyebabnya adalah kelainan saluran kencing, dapat dilakukan pemeriksaan sederhana yaitu, sedimen urine, sedangkan pemeriksaan lain yang lebih menyeluruh adalah berupa pemeriksaan USG (lebih sederhana, tidak invasif, cepat pengerjaannya, cukup informatif dan murah).

Kalau kedua pemeriksaan tersebut belum cukup informatif sebaiknya dilakukan pemeriksaan CT Scan abdomen. Setelah ketemu dimana letak kelainannya, maka anda akan lebih mudah menemui dokter yang diperlukan sesuai dengan kelainannya.


Dr. Pria Agustus Yadi, Sp.B-KBD
Dokter Spesialis Bedah Digestif. Praktik di RS PONDOK INDAH PONDOK INDAH Jl. Metro Duta Kav UE Pondok Indah, Jakarta. Telepon 021 765 7525.


(up/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit