detikhealth

Mimpi Berhubungan Seks dan Arti Psikologisnya

Adelia Ratnadita - detikHealth
Selasa, 13/03/2012 18:56 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Mimpi memang sering disebut sebagai bunga tidur. Mimpi dapat mencerminkan kecemasan-kecemasan atau kondisi psikologis dalam kehidupan sehari-hari. Mimpi juga dapat disebut sebagai penghubung dengan alam bawah sadar.

Ketika seseorang memiliki mimpi mengenai hubungan seksual bukan berarti memiliki dorongan seksual yang berlebihan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mimpi kebanyakan orang Amerika seringkali mengenai seks. Sekitar 8 persen dari mimpi malam hari melibatkan beberapa jenis kegiatan seksual. Wanita mengalami mimpi mengenai seks sama seringnya dengan pria.

Hal tersebut berdasarkan hasil studi yang dilakukan oleh para peneliti dari University of Montreal. Namun, apa artinya ketika orang-orang di sekitar yang bukan merupakan pasangan dapat terlibat dalam mimpi tentang seks yang dialami? Apakah hal tersebut memiliki arti secara psikologis?

"Semua mimpi, bahkan mimpi seks, dapat dengan mudah terhubung dengan hal yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Dan setiap karakter dalam mimpi dapat merupakan potongan kecil dari kepribadian seseorang. Ketika seseorang muncul dalam mimpi mengenai seks, tidak selalu berarti ingin bercinta dengan seseorang tersebut. Tetapi, mungkin seseorang tersebut memiliki beberapa ciri kepribadian yang mengagumkan, seperti keterampilan kepemimpinan atau kebaikan yang juga ada dalam diri sendiri namun belum dikembangkan," kata seorang psikolog, Ian Wallace.

"Beberapa mimpi seks mungkin dapat hanya merupakan pemenuhan keinginan yang tidak dapat terpenuhi dalam kehidupan nyata. Namun, mimpi mengenai seks juga biasanya memiliki arti yang lebih kompleks, yang mencerminkan keinginan pribadi dan ketakutan atau kecemasan," kata seorang psikolog, Gillian Holloway, PhD.

Berikut arti beberapa mimpi mengenai seks secara psikologis seperti dikutip dari EverydayHealth, Selasa (13/3/2012) antara lain:

1. Bercinta dengan bos
"Tempat kerja mungkin menjadi mimpi seks paling universal. Ada kemungkinan bahwa tertarik secara seksual pada atasan atau bos. Tapi jika sampai bermimpi bercinta dengan bos, alam bawah sadar mungkin menyadari kemampuan diri sendiri untuk membuat keputusan dan bertindak sebagai pimpinan," kata Wallace.Next

Halaman 1 2
(del/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit