detikhealth

Dibandingkan Bule, Orang Asia Lebih Punya Bakat Ngorok

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Kamis, 15/03/2012 16:03 WIB
Dibandingkan Bule, Orang Asia Lebih Punya Bakat NgorokIlustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Salah satu kelebihan punya pasangan bule dibanding sesama orang Asia adalah tidurnya lebih nyenyak. Setidaknya dengan postur dan berat badan yang sama, secara anatomis bule cenderung tidak gampang ngorok seperti halnya orang Asia.

Pendapat itu disampaikan oleh Dr Rimawati Tedjasukmana, SpS, RPSGT, seorang pakar kesehatan tidur dari RS Medistra. Menurutnya, struktur wajah dan leher orang Asia memang lebih memungkinkan terjadinya penyumbatan pada saluran napas yang memicu dengkuran saat tidur.

"Orang Asia hidungnya kecil, rahangnya kecil. Apalagi yang lehernya pendek, gemuk sedikit pasti ngorok. Kalau orang bule kan hidungnya besar-besar," kata Dr Rima saat ditemui usai jumpa pers "2012 World Sleep Day: Breath Easily Sleep Well" di RS Medistra, Kamis (15/3/2012).

Kegemukan atau kelebihan berat badan memang merupakan faktor risiko pada orang yang tidurnya mendengkur. Jika kebanyakan orang bule baru mendengkur jika sudah obesitas, maka orang Asia cenderung sudah mengalaminya ketika berat badannya baru sekitar 60-80 kg.

Meski demikian, jumlah orang yang mendengkur di kalangan orang bule khususnya dari Australia dan Amerika Serikat tidak kalah banyak dari Asia. Faktor pemicunya bukan anatomi, melainkan kegemukan itu sendiri karena negara-negara barat memang sedang banyak menghadapi masalah obesitas.

Negara-negara barat yang rata-rata ekonominya lebih maju banyak mengonsumsi junk food yang tinggi kalori. Kelebihan kalori yang tidak diimbangi dengna aktivitas fisik yang memadai membuat orang bule banyak yang obesitas, lalu bermasalah dengan pernapasan khususnya saat tidur.

Mendengkur saat tidur bukan sekedar soal suaranya yang mengganggu orang lain di sekitarnya. Gangguan ini jika tidak diatasi juga bisa memicu henti napas atau sleep apnea, yang banyak dikaitkan dengan risiko penyakit jantung, tekanan darah tinggi serta diabetes.


(up/ir)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit