detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Konsultasi Kandungan
DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG

DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG adalah Dokter Spesialis Obstetri Ginekologi. Praktik di RS PURI INDAH PONDOK INDAH, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222. (Periode konsultasi 19 November 2009 hingga 22 Juni 2012)

Kapan Sebaiknya Test Pack Kehamilan Dilakukan?

Jumat, 16/03/2012 13:24 WIB
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Dok, saya sudah menikah 7 tahun dan belum punya anak. Saya sangat ingin segera mempunyai momongan, sehingga saya selalu melakukan tes terhadap istri saya jika sudah berhubungan.

Yang ingin saya tanyakan, apakah kalau baru melakukan hubungan suami istri 2-3 hari yang lewat, kehamilan sudah bisa terdeteksi dengan alat testpack? Dan kapan waktu yang tepat untuk mengetahui kandungan tersebut positif atau tidak? Karena selama ini negatif terus dok. Terimakasih.

Rio (Pria Menikah, 32 Tahun), rbaXXXX@yahoo.com
Tinggi Badan 165 Cm dan Berat Badan 60 Kg

Jawaban

Sensitifitas test pack berbeda-beda, paling dini kehamilan bisa dideteksi 7 hari setelah terjadinya pembuahan. Namun sebaiknya pemeriksaan dilakukan bila menstruasi telah terlambat datang.

Untuk bisa hamil banyak faktor yang menentukan baik dari sisi istri maupun suami. Jika rutin melakukan hubungan seks dalam setahun tapi tidak kunjung hamil, ada baiknya segera berkonsultasi dengan dokter untuk diketahui penyebabnya.

DR. Med. Dr. Calvin Tjong, SpOG
Dokter Spesialis Obstetri Ginekologi. Praktik di RS PURI INDAH PONDOK INDAH, Jl. Puri Indah Raya Blok S-2, Kembangan Selatan, Jakarta Barat. Telepon: 25695222.




(ir/up)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit