detikhealth

Pantangan dan Anjuran untuk Penderita TBC

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Senin, 26/03/2012 10:58 WIB
Halaman 1 dari 3
Ilustrasi (dok: Oddee)
Jakarta, Pasien yang menderita tuberkulosis (TBC) biasanya menderita kekurangan gizi. Kurangnya protein dalam makanan ini dapat berefek buruk bagi tubuh, terutama dalam upaya memerangi penyakit.

Kebanyakan pasien TBC juga menderita kekurangan gizi. Untuk melawan tuberkulosis, pasien harus mengkonsumsi makanan seimbang yang memberikan tubuh nutrisi penting dalam melawan penyakit.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO, penderita TBC yang aktif dan tidak menerima pengobatan akan menulari rata-rata 10-15 orang setiap tahun.

Risiko dan gejala TBC dapat dikurangi dengan mengonsumsi makanan kaya vitamin B, zat besi, antioksidan dan menjauhi makanan olahan seperti gula dan roti putih.

Dengan pengobatan dan suplemen gizi yang tepat, pasien TBC dapat hidup normal dengan berat badan ideal. Penting untuk berkonsultasi dengan ahli gizi bersertifikat atau terdaftar agar mendapat asupan makanan yang sesuai dengan kebutuhan pasien.

Berikut adalah panduan makanan seimbang yang dianjurkan bagi penderita TBC seperti dilansir diethealthclub.com, Senin (26/3/2012) :

 1. Makanlah berbagai macam buah segar dan sayuran setiap hari, tetapi tetap dalam jumlah kalori yang direkomendasikan dokter.Next

Halaman 1 2 3
(pah/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit