detikhealth

Seniman Tato Puting yang Jadi Penyelamat Pasien Kanker Payudara

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Sabtu, 31/03/2012 14:11 WIB
Seniman Tato Puting yang Jadi Penyelamat Pasien Kanker PayudaraVincent Myers (dok. medindia)
Baltimore, AS, Vincent Myers adalah seorang seniman tato yang mengkhususkan diri dalam tato puting dan areola pada wanita yang telah menjalani operasi kanker payudara. Dengan kemampuannya, wanita yang telah menjalani mastektomi (pengangkatan payudara) akan kembali merasa menjadi wanita sepenuhnya.

Pria 49 tahun yang berasal dari Baltimore, AS, ini menciptakan ilusi 3-D yang sempurna dan tampak nyata, yang memungkinkan wanita yang sudah menjalani mastektomi (operasi pengangkatan payudara) merasa memiliki payudara utuh kembali.

Myers sudah 28 tahun menjadi seorang seniman tato, tapi semenjak satu dekade yang lalu ia memutuskan untuk berkonsentrasi pada tato kosmetik pasca operasi.

"Ini jauh lebih berharga dari apa pun yang pernah saya lakukan," jelas Vincent Myers, seperti dilansir Medindia, Sabtu (31/3/2012).

Sejauh ini, Myers sudah menangani sekitar 3.000 pasien kanker payudara, termasuk banyak yang dirujuk oleh dokter bedah bergengsi di Baltimore's Johns Hopkins Medical Center dan rumah sakit lain di seluruh Amerika Serikat.

"Ketika tato selesai dan mereka melihat hasil akhirnya, kebanyakan wanita merasa sangat emosional karena mereka menyadari masalahnya sudah selesai dan utuh kembali," kata Myers.

Myers mengenal seni tato ketika dia menjadi salah seorang petugas medis militer AS di Korea Selatan pada 1980-an. Pada tahun 2001, seorang teman bertanya padanya apakah mungkin ia membuat tato pada beberapa pasien yang telah menjalani rekonstruksi payudara.

Salah seorang survivor kanker payudara yang menjadi klien Myers di Little Vinnies Tattoos adalah Susan (58 tahun). Wanita pensiunan ini telah menjalani operasi mastektomi dan ingin kembali melihat bentuk payudaranya senormal mungkin.

"Saya melakukan ini untuk saya sendiri. Ini membuat saya merasa lebih cantik," jelas Susan.

Sebelum menunjukkan keahliannya, Myers akan mengenakan sepasang sarung tangan karet. Ia akan menanyakan apakah kliennya memiliki komplikasi penyakit atau alergi. Setelah itu barulah dia dengan hati-hati mencampurkan pigmen pewarna tato ke dalam wadah kecil.

"Payudara direkonstruksi dengan sempurna, tidak terlihat seperti payudara tanpa puting," kata Myers.

Untuk menjadi klien Myers, Anda butuh merogoh kocek berkisar dari US$ 350 (sekitar Rp 3,2 juta) sampai US $ 1.000 (Rp 9,2 juta) tergantung pada kerumitannya.

"Ketika Anda keluar dari kamar mandi di pagi hari, Anda melihat diri sendiri di cermin dan Anda tidak memiliki puting. Ada dampak mental yang sangat besar. Sangatlah penting memiliki tampilan visual mendekati senormal mungkin," tutupnya.





(mer/ir)


Punya pengalaman diet yang menginspirasi ? Ceritakan pengalamanmu disini


Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit