detikhealth

Seniman Tato Puting yang Jadi Penyelamat Pasien Kanker Payudara

Merry Wahyuningsih - detikHealth
Sabtu, 31/03/2012 14:11 WIB
Halaman 1 dari 2
Vincent Myers (dok. medindia)
Baltimore, AS, Vincent Myers adalah seorang seniman tato yang mengkhususkan diri dalam tato puting dan areola pada wanita yang telah menjalani operasi kanker payudara. Dengan kemampuannya, wanita yang telah menjalani mastektomi (pengangkatan payudara) akan kembali merasa menjadi wanita sepenuhnya.

Pria 49 tahun yang berasal dari Baltimore, AS, ini menciptakan ilusi 3-D yang sempurna dan tampak nyata, yang memungkinkan wanita yang sudah menjalani mastektomi (operasi pengangkatan payudara) merasa memiliki payudara utuh kembali.

Myers sudah 28 tahun menjadi seorang seniman tato, tapi semenjak satu dekade yang lalu ia memutuskan untuk berkonsentrasi pada tato kosmetik pasca operasi.

"Ini jauh lebih berharga dari apa pun yang pernah saya lakukan," jelas Vincent Myers, seperti dilansir Medindia, Sabtu (31/3/2012).

Sejauh ini, Myers sudah menangani sekitar 3.000 pasien kanker payudara, termasuk banyak yang dirujuk oleh dokter bedah bergengsi di Baltimore's Johns Hopkins Medical Center dan rumah sakit lain di seluruh Amerika Serikat.

"Ketika tato selesai dan mereka melihat hasil akhirnya, kebanyakan wanita merasa sangat emosional karena mereka menyadari masalahnya sudah selesai dan utuh kembali," kata Myers.

Myers mengenal seni tato ketika dia menjadi salah seorang petugas medis militer AS di Korea Selatan pada 1980-an. Pada tahun 2001, seorang teman bertanya padanya apakah mungkin ia membuat tato pada beberapa pasien yang telah menjalani rekonstruksi payudara.Next

Halaman 1 2
(mer/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit