detikhealth
Konsultasi Anak
Dr Aditya Suryansyah Sp. A

Dr Aditya Suryansyah Sp A adalah dokter spesialis anak yang berpraktik di RSAB Harapan Kita Jakarta dan RSIA Buah Hati Ciputat. (Periode konsultasi: 7 Juli 2009 hingga Maret 2013)

Anak Selalu Muntah Setiap Kali Makan

Vera Farah Bararah - detikHealth
Selasa, 17/04/2012 12:49 WIB
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Dok anak saya perempuan umur 13 bulan, berat badan 7,6 kg dan dia tidak mau makan tambahan selain ASI. Kalau dipaksa makan pasti dimuntahin lagi, sudah dicoba macam-macam makanan tetap saja tidak mau makan, susu formula juga tidak mau dan kalau sakit belum juga obatnya masuk ke mulut dia sudah muntah duluan dan sampai sekarang kalau sakit tidak pernah minum obat. Jangankan diminumkan obat, baru dituang ke sendok saja atau kelihatan kita megang sendok dia sudah muntah duluan. Saya sudah bawa ke dokter anak tapi belum ketemu penyebabnya, saya hanya dikasih vitamin saja dan sampai hari ini vitaminnya tidak bisa diminum karena baru lihat megang botolnya dia sudah muntah. Dok apakah ini penyakit bukan? Kalau penyakit apa obatnya? Terimakasih.

Heri H (Laki-laki Menikah, 43 Tahun), heriXXXX@gmail.com,
Tinggi Badan 167 Cm, Berat Badan 70 Kg

Jawaban

Saya prihatin membaca pertanyaan Bapak. Makan merupakan suatu proses dan perilaku, jadi harus dilatih secara bertahap dan disertai suasana menyenangkan bagi anak. Anak usia 13 bulan minimal beratnya 8,5 kg (batas bawah normal), bila berat badan 7,6 kg berarti anak Bapat sudah berada di bawah batas bawah, artinya sudah gizi buruk.

Memang tidak mudah semudah membalikkan tangan untuk mengubah anak dari yang tidak mau makan menjadi anak yang senang. Tapi kita sebagai orangtua tetap harus berusaha.

Langkah pertama adalah jangan memberi ASI kalau anak menangis. Biasanya ibu tidak tega melihat anaknya nangis jadi langsung mengeluarkan payudara untuk menyusui anak, padahal anak belum tentu lapar.

Coba beri makanan atau susu sedikit demi sedikit tapi sering. Berilah pujian bila berhasil dan jumlah atau porsinya dinaikkan secara bertahap. Beri hukuman bila anak tidak mau makan, misalnya tidak digendong atau tidak ditegur, tapi semua cara harus dilakukan dengan lembut.

Langkah yang lain adalah konsultasi ke dokter spesialis pencernaan anak, karena siapa tahu ada gangguan pencernaan dan mintalah dokter anak ahli gizi untuk mengatur asupan makannannya. Semoga berhasil.

Dr Aditya Suryansyah SpA
RSAB Harapan Kita, Jln Let Jen.S Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Telp 5668284
RSIA Buah Hati, Jln Aria Putra 399, Sarua Indah, Ciputat, Telp. (021) 74639229 atau 74632222.


(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit