detikhealth
Psikiater
Dr. Elly Ingkiriwang, SpKJ

Dr. Elly Ingkiriwang, SpKJ, Psikiater di Psychiatric Clinic, Royal Progress International Hospital, Danau Sunter Utara, Sunter Paradise I, Jakarta 14350. Serta Staf pengajar di Jurusan Kesehatan Mental Fakultas Kedokteran Ukrida Jakarta.

Selalu Panik Kalau Ingat Rokok

Vera Farah Bararah - detikHealth
Rabu, 18/04/2012 14:19 WIB
(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Dok, saya sudah berhenti merokok jalan 4 bulan lebih. Bagaimana cara menghilangkan rasa takut terhadap penyakit merokok, karena setiap jam 2-4 sore saya ada rasa panik. Atas jawabannya diucapkan banyak terimakasih

Her Purwanto (Laki-laki Menikah, 37 Tahun), hearfyXXXX@yahoo.com,
Tinggi Badan 165 Cm, Berat Badan 62 Kg

Jawaban

Dear Pak Purwanto,

Rokok memang menimbulkan kerugian dan Pak Purwanto sudah mengambil langkah yang tepat dangan berhenti merokok. Setelah berhenti merokok, kondisi kesehatan fisik Pak Purwanto akan lebih baik.

Pak Purwanto dapat mencoba untuk menjalani pola hidup yang lebih sehat seperti berolahraga, makan dengan kalori yang cukup dan tidak stres. Jadikan rasa takut itu untuk mendorong Pak Purwanto supaya hidup lebih sehat.

Sedangkan terhadap rasa panik yang muncul setiap sore, Pak Purwanto dapat mengatasinya dengan latihan relaksasi. Pikirkan bahwa rasa panik ini tidak mungkin akan membahayakan diri, buktinya rasa panik itu dapat hilang sendiri. Untuk permulaan, Pak Purwanto dapat minta obat dari psikiater apabila rasa panik itu berlebihan.

Dr. Elly Ingkiriwang, SpKJ
Psikiater di Psychiatric Clinic, Royal Progress International Hospital, Danau Sunter Utara, Sunter Paradise I, Jakarta 14350. Serta Staf pengajar di Jurusan Kesehatan Mental Fakultas Kedokteran Ukrida Jakarta.


(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit