detikhealth

Akibat Pola Diet Salah Malah Kena Batu Empedu

Vera Farah Bararah - detikHealth
Kamis, 19/04/2012 14:03 WIB
Halaman 1 dari 2
Jane (dok: Dailymail)
Exmoor, Inggris, Jane sangat terobsesi untuk menurunkan berat badan, maka segala cara diet pun ia lakukan. Tapi saat ia berhasil menurunkan berat badan dalam waktu singkat, ia pun diketahui terkena batu empedu akibat pola dietnya tersebut.

"Saya mencoba berbagai jenis diet. Tapi ceritanya selalu sama berat badan hilang beberapa saat, namun akan kembali naik lagi," ujar Jane, seperti dikutip dari Dailymail, Kamis (19/4/2012).

Sampai akhirnya Jane berhasil menurunkan berat badannya dari 89 Kg menjadi 63 Kg hanya dalam waktu beberapa bulan saja. Ia pun bisa menggunakan ukuran celana yang lebih kecil dan banyak orang yang memuji keberhasilannya dalam diet.

Tapi 10 bulan setelah mencapai berat badan tersebut, ia mulai merasakan hal yang mengganggu dari penurunan berat badan ini. Ia merasakan sakit pada perutnya yang berlangsung hingga malam hari, ia merasa sakit seperti orang akan melahirkan.

Obat nyeri yang dikonsumsi tidak memberikan pengaruh apa-apa, ia berpikir mungkin mengalami usus buntu. Hingga akhirnya ia menuju unit gawat darurat dan saat dokter menyentuh titik di bawah tulang rusuk ia pun merasakan sakit yang luar biasa.

"Dokter mengatakan ini kandung empedu Anda dan Anda memiliki batu empedu. Hasil USG menunjukkan bukan hanya 1 batu empedu yang saya miliki, tapi ada 3 batu disana," ujar Jane yang tinggal di Exmoor, Inggris.

Jane pun merasa bingung karena ia memiliki berat badan ideal, hampir tiap hari melakukan olahraga dan ia berpikir diet yang dilakukannya tidaklah terlalu buruk. Sampai akhirnya dokter menanyakan apakah ia pernah kehilangan berat badan dalam waktu singkat.Next

Halaman 1 2
(ver/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit