detikhealth

Berbicara Sendiri Bikin Orang Lebih Cepat Menemukan Barang

Vera Farah Bararah - detikHealth
Sabtu, 21/04/2012 10:02 WIB
Berbicara Sendiri Bikin Orang Lebih Cepat Menemukan Barang(Foto: Thinkstock)
Jakarta, Beberapa orang kadang memiliki kebiasaan berbicara sendiri ketika melakukan sesuatu. Studi menemukan berbicara sendiri bisa membantu orang menemukan barang yang dicarinya lebih cepat.

Dalam penelitian sebelumnya telah diketahui saat anak berbicara sendiri hal itu bisa membantu membimbing perilakunya. Misal anak berbicara sendiri sambil mengikat tali sepatu, maka itu membantunya bagaimana melakukan hal tersebut.

Peneliti pun mencoba mencari tahu apakah hal ini juga bisa terjadi pada orang dewasa, maka Gary Lupyan dari University of Wisconsin-Madison dan Daniel Swingley dari University of Pennsylvania mencoba mengamatinya.

Partisipan dewasa yang terlibat dalam studi ini diperlihatkan 20 foto dari objek yang berbeda lalu diminta untuk mencari salah satu dari objek tersebut. Selain itu peserta juga diminta melakukan beberapa tes.

Sementara itu peserta juga diminta memberikan nama untuk objek yang dicarinya dan memintanya berbicara sendiri. Hasilnya orang yang berbicara sendiri akan menemukan barang lebih cepat. Hasil ini dipublikasikan secara online dalam Quarterly Journal of Experimental Psychology.

Sedangkan pada percobaan kedua, peserta diperlihatkan barang-barang yang biasa ditemukan di rak supermarket dan diminta mengidentifikasinya. Didapatkan peserta akan lebih cepat menemukan barang jika mereka memberi nama untuk barang tersebut, seperti dikutip dari HealthDay, Sabtu (21/4/2012).

Penulis menyimpulkan hasil ini membuktikan bahwa berbicara sendiri bisa mempengaruhi beberapa aspek dari proses pencarian visual, walaupun peneliti belum mengetahui dengan pasti bagaimana prosesnya.

Meski begitu ada kemungkinan ketika seseorang berbicara sendiri sambil mencari barang, maka akan merangsang bagian tertentu di otak sehingga membuatnya lebih mudah menemukan barang yang dicarinya.


(ver/ir)


 

Konsultasi Kesehatan Kirim KonsultasiIndeks



Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit
 
Must Read close