Berbagai Penyebab Punggung Selalu Sakit Saat Bangun Tidur

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Minggu, 22/04/2012 08:02 WIB
Ilustrasi (dok: Thinkstock)
Jakarta, Dari berbagai keluhan kesehatan saat bangun tidur, sakit punggung termasuk salah satu yang paling sering dirasakan. Penyebabnya bermacam-macam, mulai dari kasur yang tidak nyaman hingga posisi tidur yang buruk serta kurang olahraga.

Selengkapnya, berbagai penyebab sakit atau nyeri di punggung yang hanya dirasakan ketika bangun tidur adalah sebagai berikut seperti dikutip dari Goodrelaxation, Minggu (22/4/2012).

1. Kasur yang tidak nyaman
Salah satu penyebab utama sakit punggung di pagi hari adalah kasur yang tidak nyaman, baik terlalu empuk atau juga terlalu keras. Jika umur kasur sudah mencapai 10 tahun, biasanya harus dipertimbangkan untuk beli kasur baru atau paling tidak kasurnya dibalik agar lebih merata dalam mendistribusikan berat badan selama tidur.

2. Bantal yang tidak sesuai
Bentuk dan ukuran bantal harus disesuaikan dengan posisi saat tidur, supaya bisa menyokong leher dengan baik sehingga tidak membebani punggung. Jika tidurnya lebih sering miring, maka dibutuhkan bantal yang ukurannya pas agar tulang belakang berada dalam posisi netral sepanjang malam.

3. Lingkungan yang tidak sehat
Tidur di ruangan yang tidak sehat juga bisa membuat tulang punggung terasa pegal atau nyeri saat bangun di pagi hari. Kondisi lingkungan tempat tidur yang tidak sehat itu antara lain suhu ruangan terlalu dingin, berisik atau terlalu terang sehingga tidurnya tidak nyenyak.

4. Posisi tidur yang buruk
Setiap orang punya posisi tidur favoritnya sendiri, namun tidak semuanya cocok dengan postur tubuhnya sehingga memicu nyeri punggung di pagi hari. Apabila posisi tidur favorit dirasa menyiksa punggung, coba lakukan trik sebagai berikut.

  • Jika posisi tidurnya miring, selipkanlah bantal kecil atau guling di antara kedua kaki.
  • Jika posisi tidurnya telentang, letakkan bantal kecil di bawah kaki atau gulungan handuk kecil di punggung.
  • Jika posisi tidurnya tengkurap, letakkan batal di bawah perut atau pinggul.

5. Kurang olahraga
Otot yang terlalu lemah tidak akan sanggup membantu tulang punggung dalam menahan berat badan dengan optimal. Olahraga sangat penting sebagai salah satu upaya untuk memperkuat otot tubuh, supaya beban yang ditanggung oleh tulang punggung berkurang.



(up/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit