detikhealth

Ulasan Khas

Bikin Tato Itu Sebenarnya Sakit atau Geli?

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Rabu, 02/05/2012 10:50 WIB
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Membayangkan kulit ditusuk jarum tato, rasanya pasti sakit seperti disuntik. Namun jika membayangkan getaran dinamo pada mesin tato, sepertinya ada juga sensasi geli di kulit seperti ditempeli vibrator. Sebenarnya ditato itu sakit atau geli?

"Kalau ditato dibilang nggak sakit itu bohong, tapi sakitnya masih masuk akal," kata Lois Nur Fathiarini, seorang tattooist (seniman tato) perempuan asal Yogyakarta, saat dihubungi detikHealth, Rabu (2/5/2012).

Menurut Lois, agak sulit membandingkan intensitas rasa sakit saat ditato dengan saat disuntik. Karena saat disuntik jarumnya hanya ditusukkan sekali sedangkan saat ditato jarumnya ditusukkan berulang-ulang. Kedalamannya juga berbeda, karena jangkauan jarum tato hanya sedikit di bawah kulit.

Tapi kalau tetap mau dibandingkan, Lois menilai rasa sakit saat ditato lebih gampang ditoleransi daripada sakit saat disuntik. Saat disuntik, jarum memang hanya masuk sekali tapi sakitnya bisa berjam-jam atau bahkan sehari sedangkan saat ditato sakitnya hanya saat jarum masuk ke kulit.

"Kalau untuk membayangkan rasa sakit, kalau dinilai skala 1-10 maka sakitnya ditato itu hanya skala 2 asalkan kondisi tubuh dalam keadaan prima. Tidak dalam posisi mabuk dan dalam pengaruh obat-obatan, juga tidak sedang letih," jelas Lois.

Kondisi tubuh yang prima merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi ketika seseorang ingin ditato. Jadi jangan heran jika suatu saat bikin janji untuk membuat tato, maka sang tattooist akan menyarankan untuk tidak bergadang dan menghindari rokok seminggu sebelumnya.

Seseorang yang punya kelainan fungsi jantung, diabetes dan gangguan darah juga dianjurkan untuk berhati-hati saat ingin ditato. Tak jarang tattooist meminta surat keterangan dari dokter, yang menyatakan bahwa calon pelanggannya berada dalam kondisi yang cukup fit untuk ditato.




(up/ir)
Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit