detikhealth

Dapatkan Hadiah Menarik
Program Akhir Tahun
"QUIZ on Article"

Selasa, 23/12/2014 09:50
100 Konsultasi Terpopuler 2014

Berpikirlah Tentang Seks Saat Badan Terasa Nyeri

Putro Agus Harnowo - detikHealth
Rabu, 02/05/2012 20:00 WIB
Halaman 1 dari 2
(Foto: thinkstock)
Jakarta, Beberapa dokter gigi menggunakan suara musik untuk meringankan nyeri saat menangani pasiennya. Metode ini ternyata efektif untuk mengurangi rasa sakit pasien. Namun bagaimana caranya untuk meringankan rasa sakit saat tidak ada alat pemutar musik yang dapat digunakan? Cobalah berpikir tentang seks.

Sebuah penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan American Pain Society menemukan bahwa membayangkan adegan seksual yang sangat menyenangkan dapat meredam rasa sakit.

Selama bertahun-tahun, orang menggunakan visualisasi atau membayangkan pantai dan tempat favorit lainnya untuk mengurangi persepsi tentang rasa sakit saat menjalani perawatan medis. Penelitian menunjukkan bahwa ada pilihan lain untuk mengatasi rasa nyeri tanpa obat.

Dalam sebuah penelitian tahun 1999, peneliti meminta 40 orang mahasiswa untuk merendam tangannya dalam sebuah tangki berisi air es. Ia kemudian diminta memeringkat rasa sakitnya dari skala 0 sampai 10.

Peneliti mengukur berapa lama waktu yang diperlukan agar peserta mulai merasa sakit dan berapa lama peserta bisa bertahan merendam tangannya di dalam air es.

Kesemua peserta penelitian dibagi menjadi empat kelompok, dan setiap anggota kelompok diminta membenamkan kedua tangannya.

Selama proses perendaman ini, kelompok kontrol diberitahu agar tidak membayangkan apapun yang dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk mendeteksi rasa sakit.Next

Halaman 1 2
(pah/ir)

Cerianya si Kecil saat liburan. Yuk, Abadikan Momen liburan anda bersama si Buah Hati dan menangkan hadiahnya di Sini




 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit