detikhealth
Konsultasi Kesehatan Bersama
Dr Aditya Suryansyah Sp. A

Dr Aditya Suryansyah Sp A adalah dokter spesialis anak yang berpraktik di RSAB Harapan Kita Jakarta dan RSIA Buah Hati Ciputat. (Periode konsultasi: 7 Juli 2009 hingga Maret 2013)

Bagaimana Porsi Makan untuk Bayi 8 Bulan?

Kamis, 03/05/2012 13:13 WIB
(Foto: Thinkstock)
Dok anak saya berusia 8 bulan lebih, kira-kira berapa banyak porsi makan untuk anak saya (makan bubur 3 kali dalam sehari)? Karena kadang-kadang sehabis makan dia sering muntah. Terimakasih.

Sutaman (Laki-laki Menikah, 25 Tahun), sutamanXXXX@yahoo.co.id,
Tinggi Badan 67 Cm, Berat Badan 51 Kg

Jawaban

Prinsip memberikan makan pada anak hendaknya bertahap, yaitu semampu dan semau anak. Makan tidak harus 3 kali sehari, serta tidak harus dalam 1 mangkok kecil. Ini karena anak merupakan mahkluk unik yang berbeda satu dengan yang lain.

Berat badan yang berbeda akan membuat penyerapan ususnya juga berbeda, sehingga pendekatan pola makan antara satu dengan yang lain juga berbeda. Idealnya memang makan 3 kali dalam 1 mangkok kecil, tetapi kalau dia mau setengah mangkok maka kita berikan 6 kali dalam sehari.

Selain itu pemberian makan tidak boleh kaku waktunya, misalnya harus diberikan pada jam yamg tepat seperti jam 8, 12, 18. Ini karena pola tidur anak juga berbeda beda. Hal yang paling penting kita berikan makan pada anak senyaman mungkin.

Dr Aditya Suryansyah SpA
RSAB Harapan Kita, Jln Let Jen.S Parman Kav 87, Slipi, Jakarta Barat, Telp 5668284
RSIA Buah Hati, Jln Aria Putra 399, Sarua Indah, Ciputat, Telp. (021) 74639229 atau 74632222.


(ver/ir)

Ingin Mendapatkan Rp 500,000 dari detikHealth ? Ceritakan Pengalaman Dietmu di Sini

Artikel detikHealth juga bisa dibaca melalui aplikasi detikcom untuk Android, BlackBerry, iPhone, iPad & Windows Phone. Install sekarang!



 atau daftar untuk mengirim komentar
Tampilkan Komentar di:        


Kalkulator Sehat indeks »
Database Dokter Obat Penyakit